Pemkab Kukar Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SLTA

Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara, Edi Damansyah saat mensosialisasikan wawasan kebangsaan ke pelajar tingkat SLTA (*/ist)

Halokaltim, Tenggarong Seberang – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) gelar sosialisasikan wawasan kebangsaan bagi pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Kukar, Edi Damanysah menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan untuk pemuda daerah. Menurutnya generasi Z saat ini sudah mulai melupakan nilai-nilai Pancasila, nasionalisme, dan patriotisme dalam dalam kehidupan mereka. Penyebab persoalan tersebut katanya, karena generasi sekarang terlalu mengikuti perkembangan zaman.

Hal tersebut semakin parah sebut Edi, pasalnya ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang semakin canggih dibarengi dengan pergaulan bebas. Menjadikan sekarang adanya upaya meningkatkan edukasi untuk menerapkan Pancasila dalam rangka mengubah perilaku generasi muda.

“Yang paling mendasar dari urgensi Pancasila di generasi milenial dan generasi Z sekarang ini, adalah menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila” ungkap Bupati Kukar itu.

Orang nomor satu di Kukar itu kemudian memastikan nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan ke depan tidak akan luntur dalam kehidupan pemuda daerah. Sebab sejumlah program dan sosialisasi akan terus digalakkan Pemerintah Kukar.

“Sekarang pemerintah daerah dan DPRD juga telah menyusun Raperda tentang penyelenggaraan pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan, sebagai upaya untuk membumikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kukar,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)