Dalam Waktu Dekat Pemkab Kukar Segera Memulai Pembangunan Jembatan Sebulu

Halokaltim, Kecamatan Sebulu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana melakukan peletakan batu pertama sebagai penanda mulainya pembangunan Jembatan Sebulu, Kecamatan Sebulu, Kukar. Dalam rencana pemerintah daerah, peletakan batu pertama jembatan, akan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2024 mendatang.

“Hari ini kami bersama tim, baik pihak kontraktor, pengawas dan protokol untuk persiapan groundbreaking pada bulan Juni ini. Peletakkan batu pertama oleh Bupati Edi Damansyah,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar, Wiyono, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Wiyono menjelaskan sesuai keinginan bupati Kukar, peletakan batu pertama pembangunan jembatan penghubung Sebulu ini, akan sejalan dengan pemasangan tiang pancang. Cara tersebut untuk memastikan bahwa peletakan batu pertama bukan hanya sekedar acara seremonial namun secara resmi memulai pekerjaan pada struktur jembatan.

“Secara material sudah kita cek di Surabaya, Bekasi dan beberapa tempat yang saat ini sudah di posisi pengiriman. Perkiraan di pertengahan Juni sudah sampai disini,” lanjut Wiyono.

Pria tersebut kemudian mengungkap jika pembangunan tahap pertama secara rinci akan terlebih dahulu membangun jalan pendekat jembatan. Untuk memuluskan upaya tersebut pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 200 miliar, dan ditarget selesai pada Desember 2024 mendatang.

Sementara untuk pekerjaan tahap kedua kata Wiyono, direncakan di mulai pada awal 2025, dan menelan anggaran senilai Rp 500 miliar. Sedangkan sebagai target, jembatan tersebut di estimasikan akan mulai beroperasi untuk masyaralat pada akhir 2025.

“Arahan Bupati dalam 2 tahun harus selesai, sehingga berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat di Kecamatan Sebulu khususnya, dimana daerah ini juga akan menghubungkan ke Kutai Timur,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)