Sejumlah Cara Dilakukan Desa Tanjung Batu, Untuk Kembangkan Sektor Pariwisata

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah (*/ist)

Halokaltim, Tenggarong Seberang – Pemerintah Desa Tanjung Batu, Kecamaran Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, berencana menjadikan sektor pariwisata, sebagai pemasukan untuk pendapatan asli desa (PADes). Sebagai caranya dalam waktu dekat Tanjung Batu akan melakukan kolaborasi bersama Desa Loa Ulung dan membetuk Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis).

Rencana tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah. Ia menjelaskan desanya tengah mencari cara untuk menambah pemasukan PADes.

Menurutnya cara yang sangat potensial saat ini yakni mengembangkan pariwisata di wilayah desa. Sebagai caranya pihak Desa Tanjung Batu akan menggandeng desa tetangganya yakni Desa Loa Ulung, yang di ketahui telah lebih dulu mengelola wisata air.

“Mereka (Desa Loa Ulung) lebih dulu mengelola wisata Taman Gubang, oleh karena itu kami akan mencoba koordinasi untuk melakukan pengelolaan wisata bersama bentuk lainnya,” kata Husnianyah, pada Kamis, 30 Mei 2024.

Pria tersebut mengungkap pengelolaan Taman Gubang yang tengah dikelola Desa Loa Ulung, Tenggarong Seberang, sekarang telah terbilang sangat baik. Oleh sebab itu menurutnya desanya menginkan adanya kolaborasi terkait pengembangkan objek wisata secara bersama-sama.

Selain pengembangan pariwisata bersama, Desa Tanjung Batu juga berencana melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan objek wisata ke depan. Salah satu caranya kata Husniansyah, yakni melalui pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Tanjung Batu.

“Kami sudah mengusulkan pembentukan Pokdarwis kepada Dinas Pariwisata Kukar, insyallah dalam waktu dekat akan dibentuk,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)