Dispar Kukar Terus Lakukan Pelatihan dan Sosialisasi Pembentukan Pokdarwis

Kabid) Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro (*/ist)

Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berkomitmen untuk mengembangkan sektor pariwisata daerah, termasuk sumber daya manusia (SDM) pengelolanya. Diketahui sejumlah cara dipersiapkan dinas untuk memuluskan upaya tersebut, salah satunya dengan menggalakkan pelatihan dan sosialisasi pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro, mengatakan untuk mengembangkan sektor pariwisata daerah tidaklah mudah, sejumlah cara harus dilakukan dengan serius. Menurutnya salah satu caranya yakni menyediakan fasilitas pelatihan dan sertifikasi pengelola pariwisata di tingkat desa.

“Kami siap membantu peningkatan SDM, dengan arahan kepada masyarakat untuk membentuk Pokdarwis. Melalui pelatihan tersebut, kita upayakan untuk meningkatkan keahlian dalam mengelola potensi wisata, baik kuliner maupun alam,” kata Antoni, pada Selasa, 28 Mei 2024.

Selain itu menurut pria tersebut, pelatihan pengembangan pariwisata juga diperlukan, mengingat banyak potensi wisata di desa yang belum dimanfaatkan secara optimal. Dengan demikian, peningkatan SDM wajib dilakukan agar terbukanya peluang objek wisata baru di Kukar.

“Selain itu, Pokdarwis perlu dukungan dan peningkatan SDM, serta bantuan alat-alat yang diperlukan. Kami juga aktif sosialisasi tentang pentingnya pembentukan Pokdarwis agar masyarakat memahami potensi desanya yang layak untuk dikunjungi,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)