Pemkab Kukar Gelar Festival Seni dan Budaya di Tiga Kota Berbeda

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Festival Kebudayaan Etam Begenjoh 2024, digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), di sejumlah kota tanah air. Antara lain di Kota Malang, Yogyakarta, dan Makassar. Secara perdana kegiatan digelar di Alun-alun Merdeka Kota Malang pada 18 Mei 2024.

Disamping festival tersebut digekar di Lapangan Parkir Senopati Yogyakarta, pada 25 Mei 2024, dan terakhir akan berlangsung di Lapangan Karebosi Makassar pada 1 Juni 2024 mendatang. Diketahui seluruh rangkaian festival tersebut dilakukan Pemkab Kukar, untuk mengenalkan seni dan budaya Kutai Kartanegara.

Dalam pagelaran festival tersebut pengunjung Festival Etam Begenjoh 2024 disuguhkan berbagai atraksi dan kegiatan kebudayaan asal Kukar. Antaranya, beseprah yakni makan bersama dengan masyarakat umum dengan sajian makanan khas Kutai. Selain itu dalam festival tersebut panitia juga menggelar olahraga tradisional, seperti lomba gasing, egrang, dan bakiak. Disamping itu kegiatan festival dirangkai dengan kegiatan diskusi kebudayaan asal Kukar, termasuk penampilan seni dan budaya Kutai.

Melalui Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, dalam sambutannya di Etam Begenjoh 2024, menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk mempromosikan seni budaya, kuliner, olahraga tradisional, dan bahasa Kutai secara nasional.

“Ini adalah momen penting untuk memperkenalkan budaya kita secara nasional, terlebih saat ini Kukar merupakan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Rendi, pada Sabtu, 18 Mei 2024.
Rendi kemudian menjelaskan Etam Begenjoh 2024 juga menjadi upaya untuk melestarikan bahasa Kutai agar semakin dikenal dan digunakan oleh banyak orang. “Kita ingin Bahasa Kutai seperti Bahasa Betawi yang menasional,” harapnya.

Etam Begenjoh 2024 mendapat sambutan antusias dari masyarakat di ketiga kota penyelenggaraan. Ketua Pelaksana Etam Begenjoh 2024, Rafif Fitrayasa, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya festival ini.

“Kami sangat bersyukur atas antusiasme masyarakat dan wisatawan yang hadir di Etam Begenjoh 2024,” kata Rafif.
Rafif juga mengapresiasi dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin, yang telah memberikan perhatian dan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. (*adv/diskominfokukar)