Agus Aras Sosialisasikan 4 Pilar Wawasan Kebangsaan Kepada Masyarakat di Sangatta Utara

Halokaltim – Anggota DPRD Provinsi V Jl. APT. Pranoto, Gang Mursalin, RT 62, Sangatta Utara, dalam rangka penyebarluasan wawasan kebangsaan bagi masyarakat, Sabtu (18/5/2024).

Dalam agendanya yang dijadwalkan di wilayah VI Kutim itu, anggota DPRD Dapil Bontang, Kutim, Berau, itu melakukan sosialisasi terkait 4 pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Ini tugas kami untuk menyampaikan kepada masyarakat, sehingga juga mengingatkan kembali kepada kita semua tentang pentingnya 4 pilar wawasan kebangsaan ini,” ujar Agus Aras.

Menurutnya hal tersebut tidak cukup hanya untuk diketahui, namun juga perlu diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari, sehingga kebersamaan, kesatuan, dan persatuan diantara satu sama lainnya tetap terbangun dengan baik.

Sebagaimana kita adalah bangsa dengan populasi penduduk lebih dari dua ratus juta jiwa,  yang mana rakyatnya terdiri dari banyak perbedaan bangsa, suku, ras, dan agama, serta lainnya.

“Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya bila ada perpecahan diantara kita,  maka dari itu adanya Bhinneka Tunggal Ika yang harus kita jaga dalam persatuan NKRI,” jelasnya.

Ia mengatakan hal tersebut harus dimulai dari masyarakat itu sendiri untuk menanamkan rasa NKRI di jiwanya, dan ia menyinggung generasi muda punya tanggung jawab yang besar atas keberlangsungan bangsa.

“Suku boleh berbeda tapi rasa menghargai satu sama lain harus kita kedepankan,” tandasnya.

Bertempat di salah satu permukiman warga GG. Mursalin 4, sebagai pemateri wawasan kebangsaan kegiatan itu diisi oleh Babinsa Koramil 0909-01 Sangatta M. Hasibuan, serta dihadiri Ketua RT. 62 bersama masyarakat setempat.

 

Penulis: Andika Putra Jaya