Pemkab Kukar Gelar Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-21

Gotong royong bersjh-bersih jalan di jalur dua Desa Bukit Raya, Tenggarong Seberang (*/ist)

Halokaltim, Tenggarong – Dalam rangka memperingati Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-21 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) gelar gotong royong secara serentak di seluruh Kecamatan. Puncak rangkaian peringatan BBGRM tersebut dilaksanakan di Kecamatan Kembang Janggut.

“Kegiatan BBGRM telah dilaksanakan dari tingkat desa kelurahan dan kecamatan di Kukar secara serentak, besok kita akan melakukan kegiatan puncaknya dipusatkan di Kecamatan Kembang Janggut”, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, saat pelaksanaan gotong royong berlokasi di Tenggarong Seberang, pada Jumat, 10 Mei 2024.

Gotong royong bersjh-bersih jalan di jalur dua Desa Bukit Raya, Tenggarong Seberang tersebut dilakukan bersama sejumlah pihak. Antara lain bersama Bupati Kukar, Edi Damansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar, Pramuka, dan masyarakat setempat.

Arianto kemudian menjelaskan kegiatan BBGRM merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam membangun daerah. Gotong royong ini juga menjadi salah satu program yang dilaksanakan melalui program Kukar Idaman dengan jargonnya, “Betulungan Etam Bisa”.

Pria tersebut kemudian mengukap gotong royong tidak hanya pada peringatan BBGRM saja dilakukan. Namun, tiap bulan juga turut dilakukan di lingkungan wilayah daerah. Ia juga mengatakan jika program Kukar Idaman melalui program Rp 50 juta berbasis Rukun Tetangga (RT) juga salah satu programnya adalah pembiayaan untuk kegiatan gotong royong ditingkat RT.

“Tema BBGRM tahun ini, Giatkan Gotong Royong untuk Lestarikan Leluhur Bangsa Dalam rangka Menyongsong Ibu Kota Nusantara (IKN). Melalui tema ini, diharapkan budaya leluhur kita ini tidak pernah hilang tergerus jaman modern dan harus terus kita ingatkan kepada generasi muda, pentingnya gotong royong ini,” akhiri Arianto. (*adv/diskominfokukar)