Kelurahan Jahab, Tenggarong Berupaya Mengembangkan Kewirausahaan

Kantor Kelurahan Jahab, Kecamatan Tenggarong (*/ist)

Halokaltim, Tenggarong – Kelurahan Jahab Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) tengah berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu caranya yakni dengan menggalakkan pelatihan dan berwirausaha untuk pemuda setempat.

Informasi tersebut disampaikan secara langsung oleh Lurah Jahab Lauren Sirenden. Menurutnya pelatihan kewirausahaan yang digelar beberapa waktu belakangan memiliki berbagai tujuan. Terutama meningkatkan minat usaha bagi pemuda setempat, sekaligus membuka peluang usaha dan peningkatan perekonomian untuk warga.

“Disamping itu saat ini mencari pekerjaan susah, sangat pas jika pemuda mau berwirausaha,” kata Lauren, pada Jumat, 3 Mei 2024.

Selain itu agar program pelatihan tepat sasaran, pihak kelurahan turut mencari informasi terkait minat dan bakat pemuda Jahab, ucap pria tersebut. Tujuanya agar usaha yang di minati masyarakat betul-betul dilakukan.

“Ada beberapa pemuda yang ingin memiliki keahlian reparasi kendaraan dan membuka bengkel sendiri,” sebutnya.

Selain itu, ada juga yang konsentrasi terhadap pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) ucap Lurah Jahab itu. Sebab Kelurahan Jahab sekaligus terkenal dengan produk olahan makanan maupun minuman tradisional.

“Jahab juga ada produk teh tiwai, keripik, dan kerupuk olahan, cuma jarang terdengar saja,” ucapnya lagi.

Ada juga usaha kerajinan tangan khas Dayak, yang produknya sudah dibeli oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin, bahkan juga dikirim keluar Kukar.

Ia menambahkan produk UMKM Kelurahan Jahab, juga sudah di ikutsertakan dalam berbagai event, sehingga produk pelaku UMKM Jahab semakin dikenal. “Sudah tiga kali kami promosikan di event-event tertentu,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)