Pemkab Kukar Raih Predikat Terbaik Dalam Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Kaltim

Pemkab Kukar raih Predikat Terbaik penghargaan PPD tingkat provinsi (*/ist)

Halokaltim, Samarinda – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) raih predikat terbaik satu pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Penghargaan tersebut bisa diterima tidak terlepas dari persiapan perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian pembangunan daerah yang dilakukan Pemkab Kukar.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik kepada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono.  penghargaan tersebut diserahkan saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kaltim dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kaltim 2025. Berlokasi di Hotel Mercure Samarinda, pada Kamis, 2 Mei 2024.

Penghargaan pembangunan daerah yang diberikan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas prestasi pembangunan yang telah dicapai oleh kabupaten/kota pada tahun 2023. Tim Penilaian penghargaan pembangunan daerah ini melibatkan dari berbagai unsur. Yakni, dari akademisi, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi dan Kepala Instansi Vertilal.

Penilaian pembangunan daerah ini dilihat dari aspek pencapaian pembangunan, sinergi dan keterkaitan perencanaan pembangunan. Kemudian konsistensi dan kedalaman substansi serta inovasi pembangunan daerah.

“Kami ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan pembangunan daerah. Kalau kota, rasanya tahu semua akan menang. Hanya posisinya saja yang mana peringkat satu, dua atau tiga,” ujar Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Ia juga berharap, kinerja pemerintah kabupaten/kota dapat ditingkatkan. Sehingga, bisa berkontribusi lebih optimal lagi.

Sementara itu, Sekkab Kukar, Sunggono, menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang telah diraih. Apresiasi secara khusus juga diberikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang telah menjadi leding sektor atas prestasi yang didapat. Sehingga, hal itu menjadikan Kukar terbaik satu pada penghargaan pembangunan daerah ditingkat Provinsi Kaltim.

Capaian yang diraih ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Kukar. Khususnya, kepada jajaran Bappeda untuk terus mempertahankan apa yang sudah dicapai dan meningkatkan kualitas kerjanya.

“Sehingga, benar-benar sesuai harapan kita semua, khususnya dalam rangka mencapai target kinerja pemerintah daerah secara keseluruhan. Terima kasih, mudah-mudahan ini menjadi yang terbaik bagi Kutai Kartanegara,” pungkasnya. (*adv/diskminfokukar)