Dalam Sepekan Objek Wisata di Kukar Sumbang PAD Hingga Rp 200 Juta

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta saat ditemui di ruang kerjanya (*/ist)

Halokaltim, Kutai Kartanegara – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya memanfaatkan destinasi wisata untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kukar. Dan saat ini diketahui ada tiga objek wisata andalan milik Pemkab Kukar yang aktif memberikan pemasukan untuk kas daerah, terutama saat libur lebaran dan cuti bersama pada 2024.

Destinasi tersebut di antara lain, Pulau Kumala, Pantai Tanah Merah, Waduk Panji dan Planetarium. Tercatat oleh Dispar Kukar, sepanjang libur lebaran dan cuti bersama ketiga objek wisata tersebut menyumbang PAD mencapai Rp 200 juta dan dikunjungi hingga 21 ribu orang.

Melalui Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta menyatakan untuk Pantai Tanah Merah menjadi objek favorit yang menjadi penyumbang terbesar untuk PAD.

“Penyumbang PAD Kukar terbesar masih dipegang oleh Pantai Tanah Merah yang ada di Samboja,” ungkap Ridha, pada Selasa, 16 April 2024.

Kemudian di rinci Ridha, selama libur lebaran ini, yaitu sejak tanggal 11-15 April 2024, PAD yang dihasilkan dari beberapa objek wisata yang dikelola Dispar Kukar telah mencapai 218.810.000 dengan total 21.392 pengunjung.

Selain itu kata pria tersebut jika sejumlah objek wisata yang dikelola oleh swasta juga telah memberikan kontribusi pajak untuk PAD Kukar. Namun, pajak tersebut masuk ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Kami tentunya jug berterima kasih kepada pengelola wisata swasta yang turut andil dalam meningkatkan PAD Kukar,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)