Basarnas Kaltim Gencarkan Siaga SAR Khusus Arus Mudik dan Moment Liburan Pasca Hari Raya

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Dody Setiawan saat ditemui awak media (*/ist)

Halokaltim – Basarnas Kalimantan Timur (Kaltim) turut andil dalam memberikan rasa aman dan nyaman  kepada pengendara serta para penumpang  arus mudik lebaran tahun 2024 ini.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Dody Setiawan, menyebut telah menyiapkan Siaga SAR Khusus Tim Rescue di titik-titik pangkalan transportasi yang kerap memicu keramaian jelang lebaran.

Namun pasca lebaran, prioritas Siaga SAR dialihkan ke tempat liburan, “saat ini yang kami fokuskan adalah tempat – tempat seperti pelabuhan atau bandara, dan setelah lebaran lalu kita akan fokus di lokasi wisata,” ungkapnya.

Lebih lanjut langkah siaga itu merupakan bentuk tanggung jawab Basarnas dalam memastikan  keselamatan arus mudik warga jelang lebaran maupun dalam moment liburan pasca hari raya.

Sebagai provinsi yang terletak di wilayah pesisir serta terdapat banyak sungai yang kerap menjadi pilihan transportasi, menjadi titik paling rawan saat momentum arus mudik seperti saat ini.

Potensi rawan kecelakaan pada tranportasi antar pulau maupun antar daerah yang berbatasan dengan Sungai Mahakam, ditunjukkan dengan meningkatnya laporan kondisi membahayakan manusia yang terjadi di wilayah perairan.

“Kerawanannya itu kalo di Kalimantan Timur seringnya kecelakaan  paling banyak di perairan, karena memang mayoritas wilayah kita ini adalah sungai,” terang Doddy.

Namun waspada laka air disebut tak hanya pada transportasi laut dan sungai, “kita juga antisipasi untuk peningkatan kerawanan musibah di tempat wisata yang juga kebanyakan berlokasi di perairan(pantai),” pungkasnya. (*)