Semarak Tarhib SIT Darussalam 1445H, 2500 Peserta Pawai Tebar 1500 Parcel Cinta untuk Dhuafa dan Anak Yatim, Dimeriahkan Tampilan Siswa dan Bazaar Komite

Halokaltim – Dalam rangka menyambut dan menyiarkan datangnya bulan Ramadhan, Yayasan Pembina Muslim Daarussalaam Sangatta menggelar Tarhib SIT Daarussalaam 1445 H .

Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 diikuti oleh seluruh unit dengan jumlah peserta kurang lebih 2500 peserta. Peserta terdiri dari siswa, guru, dan wali murid PAIT, KBIT, TKIT, SDIT 1, SDIT 2, SMPIT, dan SMAIT Daarussalaam.

Kegiatan ini mengusung tema, “Ramadan Galang Persatuan dan Kesatuan Umat untuk Kembali memaksimalkan ibadah kepada Allah”. Sebuah jargon penyemangat menjalankan ibadah juga disiapkan yakni, “Maksimal ibadahku, berkualitas Ramadhanku”.

Pukul 07.00 acara diawali dengan pawai. Agar jangkauan syiar semakin meluas, rute pawai tarhib Ramadan dibagi dua. Peserta dari TKIT, SDIT 1 dan SDIT 2 kelas 1-3 berjalan dari Lapangan Masjid Al Falah, Munthe. Sementara kelas atas SDIT 1 dan SDIT 2, siswa SMPIT, dan SMAIT berangkat dari simpang 3 Pendidikan menuju masjid Daarussalaam.

Dari pihak Darussalam mengatakan, pada acara kali ini ada yang istimewa dalam pelaksanaan tarhib yakni penggunaan atribut bernuansa Palestina. Tujuan utamanya agar ditengah euforia kebahagiaan kita menyambut Ramadan, kita tetap mengingat dan mendoakan perjuangan saudara kita di Palestina yang menjalankan ibadah Ramadan dalam keterbatasan.

“Kepedulian itu tidak hanya dalam bentuk dukungan melalui atribut, namun kami juga melakukan penggalangan dana yang akan disalurkan ke sana,” ucapnya.

Lanjutnya, Kepeduliaan kami di Yayasan Pembina Muslim Daarussalaam tidak hanya kepada Palestina. YPMDS melalui Unit Pengumpul Zakat, Infaq, dan Sedekah (UPZIS ) Baitul Mal Daarussalaam, juga menyalurkan santunan kepada kaum Dhuafa dan yatim piatu yang membutuhkan.

“Ada sebanyak 1500 parcel cinta siap disebar. Perwakilan penerima dari kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, dan Bengalon diundang hadir menerima santunan secara simbolis,” tuturnya.

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan, panitia bekerjasama dengan pihak terkait, seperti satuan lalu lintas polres Kutai Timur dan Palang Merah Indonesia (PMI). Luar biasa semarak Tarhib SIT Daarussalaam.

“Semoga tujuan utama menyiarkan datangnya bulan suci Ramadan tersampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.