Penyelenggaraan Turnamen Gateball Kutim Cup 2023 Berlangsung Sukses, Asdar Berharap Mampu Jadi Daya Tarik Masyarakat

Halokaltim – Sembari menjalin silaturahmi dan komunikasi antar atlet dan komunitas, Yakusa Gateball Club sukses menyelenggarakan ajang Turnamen Mini Gateball Kutim Cup 2023 yang diikuti peserta tim gateball club se-Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Sabtu (16/12/2023).

Diikuti sebanyak 12 tim gateball se-Kutim, ajang kejuaraan yang dikenal sebagai olahraga tanpa batas atau Barrier-Free Sport tersebut berlangsung di Lapangan Sintetis UPTD Pemeliharaan Infrastruktur PU Wilayah III Kaltim, yang berlokasi di Jalan Soekarno- Hatta, Kecamatan Sangatta Utara.

Turnamen yang mendapat dukungan penuh dari Kepala UPTD Infrastruktur wilayah III, M. Ramdlani yang menyediakan fasilitas lapangan memadai bagi para peserta, juga mendapat dukungan penuh dari Pembina Yakusa Club, Basti Sanggalangi.

Ketua Yakusa Gateball Club Kutim, Asdar Oding mengatakan bahwa bentuk dukungan dan suksesnya turnamen gateball itu, menunjukkan bahwa turnamen tersebut lebih dari sekedar kompetisi namun juga menjadi momen silaturahmi yang menghubungkan komunitas Gateballers se-Kutim.

“Ini hanya ajang silaturahmi yang diikuti pemula, pelajar, dan bahkan sejumlah karyawan perusahaan. Intinya memang silaturahmi, menunjukkan keragaman dan semangat persatuan dalam dunia Gateball,” kata Asdar.

Asdar berharap, kegiatan turnamen gateball yang sukses terselenggara selama sehari penuh tersebut, dapat merangsang minat masyarakat erhadap cabang olahraga tanpa batas atau Barrier-Free Sport (gateball) tersebut.

“Kami berharap semakin banyak berkembang Gateballers di Kutim, dan dukungan dari berbagai pihak terus mengalir untuk kemajuan cabang olahraga ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Sekretaris AJKT tersebut juga menyampaikan, selain menjadi ajang silaturahmi dan promosi olahraga, turnamen itu juga sebagai ajang tolak ukur kemampuan para atlit sebagai bentuk latihan yang perlu untuk kejuaraan nantinya.

“Gateball kan telah menjadi bagian integral dari Pekan Olahraga Nasional (PON), dan setidaknya turnamen ini juga merupakan latihan berharga untuk menghadapi kejuaraan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada Turnamen Mini Gateball Kutim Cup 2023 kategori triple. A2R Arsem keluar sebagai juara, Lian Libher sebagai Runner Up, Narsis sebagai juara tiga, dan Mas Roy keluar sebagai juara harapan 1.