Peresmian Kampung Bahari Nusantara di Pesisir di Muara Gabus

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretaris Kabupaten (Seskab) Poniso Suryo Trenggono ikut melakukan seremoni peresmian KBN (*/ist)

Halokaltim – Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Muara Gabus, Dusun Sendawar, Kelurahan Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan, akhirnya diresmikan, pada Senin (4/12/2023) pagi.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretaris Kabupaten (Seskab) Poniso Suryo Trenggono ikut melakukan seremoni peresmian KBN, mendampingi Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar yang sekaligus menandatanganani prasasti.

Momen ini turut disaksikan Ketua DPRD Kutim Joni, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Lanal Sangatta Erwin Rudi Iskandar dan unsur Forkopimda, Sescam Sangatta Selatan Rusmiyati, para Ketua RT dan undangan lainnya.

Asisten Pemkesra Seskab Ponisi Suryo Trenggono mewakili Pemkab Kutim mengatakan, pemerintah daerah sangat mengepresiasi kegiatan peresmian KBN oleh Lanal Sangatta.

“Karena Kampung Bahari Nusantara Muara Gabus ini merupakan Ikon Sangatta. Nantinya diharapkan terjadi kolaborasi TNI AL dengan masyarakat sekitar Muara Gabus, sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” ucap Poniso.

Poniso yakin, keberadaan KBN dapat memberikan dampak positif ekonomi. Apalagi dilengkapi dengan pembangunan fasilitas lain seperti klinik kesehatan, pendidikan, wisata sarana ibadah dan lainya.

“Saya yakin, berkat adanya KBN ini, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, utamanya dibidang ekonomi maupun lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Komandan Lanal Sangatta Letkol (P) Rudi Iskandar menjelaskan, peresmian KBN dipusatkan di Pasmar II Surabaya. Namun pangkalan lain dilaksanakan secara daring serentak di Pangkalan TNI AL seluruh Indonesia.

Dijelaskan, Lanal Sangatta pada 2023 ini meresmikan KBN yang berlokasi di Muara Gabus. Saat ini terdiri dari beberapa kluster, antara lain Kluster Pendidikan, Kluster Kesehatan dan Kluster wisata.

“Untuk Kluster ekonomi sedang proses dibangun dan diharapkan dalam waktu tidak lama akan digunakan juga,” ucap Letkol (P) Rudi Iskandar

Danlanal menambahkan, tujuan dibangunnya KBN adalah untuk menciptakan masyarakat pesisir yang sejahtera, dengan potensi sumber daya alam yang dimilikinya.

“Kami juga berharap KBN Rawa Gabus ini, menjadi kampung bahari dengan menonjolkan wisata. Selain wisata, diharapkan akan meningkatkan taraf hidup di masyarakat, seperti pertanian dan perkebunan dan kesehatan,” pungkasnya.