Pemkab Bagikan 6 Unit Ambulance ke Sejumlah Puskesmas di Kutim

Peduli akan kesehatan masyarakat, Pemkab Kutim serahkan bantuan berupa 6 unit mobil ambulans (*/ist)

Halokaltim – Kepedulian Pemkab Kutai Timur (Kutim) terhadap kesehatan masyarakat bukanlah sekedar janji manis dan pencitraan semata. Terbukti Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman kembali membagikan mobil ambulance. Kali ini, kendaraan operasional kesehatan itu dibagikan sebanyak 6 unit.

Mobil-mobil tersebut diperuntukan kepada enam Puskesmas di Kutim, diserahkan pada puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 yang digelar di halaman Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Kamis (30/11/2023).

Ardiansyah menyatakan, mobil ambulance tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk melayani masyarakat, terutama di tingkat kecamatan.

“Ambulans ini digunakan untuk mengangkut dan menangani pasien gawat darurat, memberikan pertolongan pertama, serta melakukan perawatan intensif selama dalam perjalanan menuju rumah sakit rujukan,” ujarnya.

Dikatakan Ardiansyah, penyerahan ambulance tersebut sebagai komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan masyarakat Kutim. “Semua fasilitas kesehatan yang ada di Kutim secara bertahap akan terus ditingkatkan,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim Bahrani Hasanal, menjelaskan bahwa keenam ambulans yang diserahkan bupati diperuntukkan bagi Puskesmas di sejumlah kecamatan.

“Enam ambulans tersebut akan difokuskan untuk Puskesmas di Sangatta Utara dan Teluk Lingga di kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Puskesmas Teluk Pandan, Sepaso, dan Tepian Baru di Bengalon,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bahrani menegaskan bahwa Dinas Kesehatan telah menyerahkan sejumlah ambulans di kecamatan Muara Bengkal saat peresmian rumah sakit setempat. Total ambulance yang akan dibagikan secara bertahap sebanyak 29 unit.

“Kemarin saat peresmian rumah sakit Muara Bengkal, kami juga menyerahkan 4 unit ambulans. Dengan adanya tambahan sarana kesehatan ini, akses pelayanan kesehatan di wilayah tersebut dapat diperluas dan meningkatkan keselamatan serta kesejahteraan masyarakat setempat,” paparnya.