Komitmen Pemkab Kutim Dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas

Halokaltim – Pemkab Kutai Timur (Kutim) berkomitmen untuk mewujudkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas. Berbagai langkah telah dilakukan, mulai dari menyediakan akses pasar hingga menggerakkan pelatihan.

Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UMKM Kutim, Darsafani menyatakan, Pemkab Kutim terus mendorong UMKM naik kelas. Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan produk UMKM terus dihadirkan.

Terbaru, kata Darsafani, pelatihan yang tengah dilaksanakan, yakni pelatihan UMKM Pemula. Ini difokuskan pada pengolahan buah serta makanan dari daging dan ikan, dengan durasi pelatihan selama tiga hari.

“Terdiri dari dua fokus, yaitu pengolahan buah untuk 30 orang peserta dan pengolahan ikan serta daging untuk 30 orang peserta lainnya,” ungkap Darsafani, Senin (27/11/2023).

Darsafani juga menjelaskan bahwa peserta pelatihan berasal dari beberapa kecamatan di Kutai Timur.

“Peserta berasal dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kutai Timur seperti Busang, Muara Calong, Muara Bengkal, Batu Ampar, dan beberapa kecamatan lainnya,” tambahnya.

Tak hanya itu, Darsafani juga menyoroti tujuan dari pelaksanaan pelatihan yang baru dilaksanakan pagi tadi.

“Tujuan kami adalah untuk menggali potensi dari pelaku UMKM pemula. Kami ingin memberdayakan masyarakat rumah tangga yang memiliki potensi dalam bidang pengolahan makanan, namun belum mendapatkan pelatihan yang memadai.” tutupnya.