Penambahan Fasilitas Perpustakaan Kota Samarinda, Akan Ada Outdoor Modern Nan Estetik

Halokaltim– Perpustakaan Daerah kota Samarinda diklaim salah satu perpustakaan terbaik oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bundo, terus berkembang. Kali ini, sedang mempersiapkan outdoor yang menarik setelah gedung yang megah terban Republik Indonesia gun sesuai harapan Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda, Erham Yusuf mengatakan berkat dukungan luar biasa dari Wali Kota Samarinda berharap akhir tahun 2023 sudah selesai proyek outdoor dan dapat dimanfaatkan.

Erham yang didampingi pelaksana proyek menjelaskan nantinya akan akan ada fasilitas pergola, gazebo, pohon besi hingga akses disabilitas sebagai upaya memenuhi keinginan pengunjung.

“Wifi disediakan, ada pojok baca dengan buku-buku digital, semua pengunjung bisa membaca hingga malam hari, sesuai permintaan Wali Kota kita dengan konsep landscape yang estetik,” tuturnya.

Gedung perpustakaan ini memiliki bentuk yang khas dan unik. Bangunan yang dibangun 2 lantai dengan tampilan cantik menyerupai konsep buku, dengan luas tanah kantor Dispursip Samarinda ± 5.069 m². Luas tanah yang sudah dipakai untuk gedung manajemen: 15 m x 31 m x 2 lantai (930 m²), gedung layanan: 20 m x 35 m x 2 lantai (1.400 m²), dan musala 25 m².

Sesuai dengan fungsi dan filosofinya yang menarik perpustakaan Kota Samarinda diharapkan dapat menjadi wadah meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa serta sebagai sarana menambah literasi dan ilmu yang berguna untuk masyarakat.