Ini Jenis Buku yang Diminati Siswa SMAN 1 Sangatta Selatan

NUSASATU – Buku-buku novel, horor, dan petualangan ternyata sangat digemari para siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sangatta Selatan. Hla ini diungkapkan Rikiansyah, staf perpustakaan SMA Negeri 1 Sangatta Selatan, beberapa waktu lalu. “Siswa-siswi disini sangat berminat untuk membaca buku-buku itu,” katanya.

Antusiasme para siswa ini tentu saja direspon positif phak sekolah. Makanya, penambahan buku novel, horor, dan petualangan dari berbagai penulis di Indonesia juga bakal disiapkan. “Mulai novel yang berasal dari sumbangan siswa, sampai dengan pembelian dari sekolah,” ujarnya.

Kata Rikiansyah, berbanding terbalik di usia remaja umumnya, para siswa justru malah tak terlalu suka dengan buku yang bertema asmara. “Di jenjang kelas 10,11 dan 12 siswa-siswi di sekolah ini rata-rata suka membaca,” paparnya.

Selain itu, Rikiansyah menambahkan, perpustakaan SMA Negeri 1 Sangatta Selatan, sangat bermanfaat positif apabila para siswa suntuk di kelas mereka dapat ke perpustakaan untuk mencari pengetahuan yang memang mereka rasa belum didapatkan saat jam pembelajaran.

Disisi lain, untuk jam beroperasinya perpustakaan ini, mulai buka jam sekolah sampai jam pulang anak sekolah. Sementara untuk peminjaman buku sesuai prosedur yang ada. Peminjaman buku berdurasi selama tiga hari saja. Apabila terlambat kembalikan bakal didenda dengan nominal uang seribu satu harinya.

“Syarat peminjamannya dengan memiliki kartu perpustakaan,apabila saat meminjam buku sampai rusak atau disanksi dengan mengganti buku tersebut dengan buku yang lain atau yang serupa,” tukasnya. (adv)