Progres Revitalisasi Pasar Tangga Arung Sudah Masuki 78 Persen

Proses revitalisasi Pasar Tangga Arung Tenggarong. (*/ist)

Halokaltim – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar), Wiyono, menyebut progres pengerjaan revitalisasi Pasar Tangga Arung, sudah menyentuh angka 78 persen. Ia pun optimis, pengerjaan pasar tersebut akan rampung sesuai dengan jadwal.

Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Dinas PU Kukar, untuk membangun pasar yang terletak di Jalan Danau Semayang, Kelurahan Melayu, Tenggarong tersebut.

Diantaranya yang paling mendasar adalah ketersediaan material untuk pembangunan pasar. Karena memang jelang akhir tutup tahun anggaran, banyak proyek-proyek yang juga dikebut penyelesaian. Sehingga berdampak pada meningkatnya kebutuhan material.

Terlebih pemerintah pusat juga sedang mengebut pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga berada di Kalimantan Timur (Kaltim). Tepatnya di Kecamatan Samboja (Kukar) dan Kecamatan Sepaku (Penajam Paser Utara). Sehingga kebutuhan material lebih banyak lari ke pembangunan IKN.

“Kendala ada beberapa material relatif bisa kita atasi dan terpenuhinya, akhir tahun ini juga diupayakan rampung,” ungkap Wiyono, Senin (13/11/2023).

Disamping itu, Dinas PU Kukar pun sedang bersiap-siap untuk mengerjakan pasar sementara yang berada di Lapangan Pemuda Tenggarong. Sebagai lokasi relokasi pedagang yang kini masih berjualan di lokasi sekitar Pasar Tangga Arung.

Dengan total pedagang yang rencananya akan direlokasi mencapai 300-350 pedagang. Dinas PU Kukar pun menarget relokasi bisa dilakukan pada Januari 2024. Untuk kemudian bisa melanjutkan pembangunan dan revitalisasi Pasar Tangga Arung di sebelah Jalan Maduningrat Tenggarong.

“Akhir tahun sudah selesai, agar bisa melanjutkan pembangunan tahap kedua,” tutup Wiyono. (adv/diskominfokukar)