Bupati Kutim Bicara soal APBD Pembangunan Infrastruktur Hingga Pasar

Bupati Kabupaten Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman saat diwawancarai awak media usai hadiri Rapat Paripurna ke 10 (*/AC)

Halokaltim – Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman bahas soal Anggaran Pembelanjaan Belanja Daerah (APBD) terkait dengan Pembangunan Infrastruktur di Kutai Timur.

Ardiansyah Sulaiman, saat di temui awak media usai gelaran rapat paripurna ke-10 di Gedung DPRD Kutim, Rabu (08/11/2023) menyampaikan proyeksi jumlah dan alokasi APBD TA 2024.

“Kalau di proyeksikan, anggarannya sekitar 9,156 triliun dan 50% itu untuk infrastruktur seperti jalan, bangunan, dan lain-lain bahkan bisa lebih dari itu” ungkap Ardiansyah.

Ardiansyah kemudian mengatakan dengan adanya hal itu bisa menjawab tantangan pembangunan yang masih belum terselesaikan hingga saat ini seperti jalan, bangunan, sekolah, dan beberapa pasar yang memang merupakan kebutuhan masyarakat.

“Pelan-pelan kita penuhi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui APBD tahun depan ini, termasuk pembangunan pasar” tuturnya.

Menurut Ardiansyah, bagian Infrastruktur memang harus di optimalkan terlebih dahulu.

“Wilayah kita ini kan luas, beberapa daerah masih butuh banyak pembangunan termasuk juga infras pertanian, pendidikan kemudian infras air minum dan masih banyak lagi” jelas Ardiansyah.

Ardiansyah melanjutkan kalau hingga saat ini persentase utuh pembangunan infrastrukturnya, sudah bisa tercapai 30% dan diharapkan terus meningkat.

“ Mudah-mudahan itu bisa terus naik sampai kita mendapat perubahan yang signifikan di tahun yang akan datang dan memaksimalkan potensi yang ada termasuk bagian pertanian, kita siapkan jalan usaha tani nya, potensi perikanan dan kelautan, disiapkan alat angkatnya sehingga bisa lebih memudahkan masyarakatlah untuk semuanya.” pungkasnya. (*ac)