Kelurahan Baru Laksanakan Pelatihan Pemadam Kebakaran untuk Warga

Halokaltim – Pemerintah Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, menggelar sejumlah rangkaian kegiatan pelatihan dan penyuluhan kepada sejumlah warganya. Upaya tersebut di lakukan pihak kelurahan untuk mengantisipasi potensi kebakaran di wilayah pemukimannya.

Kegiatan yang diikuti 20 pemuda setempat itu diselenggarakan di Aula Rapat Kantor Kelurahan Baru, pada Selasa 7 November 2023. Menghadirkan Basarnas Samarinda dan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kukar sebagai narasumber pemateri tentang tindakan pencegahan dan teknik pemadaman kebakaran.

Melalui Lurah Baru, Bayu Ramanda mengatakan, melalui kegiatan tersebut pemuda yang di undang sebagai peserta akan menerima sejumlah manfaat dari pelatihan ini. Antaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mencegah bencana kebakaran. Sekaligus mengetahui cara penanganan saat terjadi musibah kebakaran di wilayah pemukiman.

“Kami juga ingin merekrut relawan pemadam kebakaran dari masyarakat Baru, sesuai dengan arahan dari Dispora Kukar. Relawan ini nantinya akan menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah dan masyarakat jika ada kebakaran,” katanya.

Bayu menilai bahwa Kelurahan Baru merupakan wilayah yang rawan kebakaran karena memiliki jumlah penduduk yang cukup padat. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih waspada dan siap siaga.

“Kami akan terus menggelar kegiatan serupa secara rutin, agar masyarakat tidak lengah dan dapat meminimalisir risiko kebakaran,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)