Kecamatan Tabang Segera Laksanakan Festival Kesenian Adat Budaya

Halokaltim – Pemerintah Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Festival Masyarakat Adat Budaya Kecamatan Tabang, pada akhir November 2023 mendatang. Kegiatan itu di harap mampu meningkatkan wisatawan sekaligus melestarikan kebudayaan setempat.

Pada, Senin, 6 November 2023, Camat Tabang, Rahmadani Hidayat, memberikan penjelasan. Nantinya Festival Masyarakat Adat Budaya, tidak hanya menampilkan kebudayaan di Kecamatan Tabang, Namun turut menampilkan sejumlah pentas seni dan budaya dari suku daerah lainnya.

“Festival dengan menampilkan kekayaan budaya ini sebuah harapan dari panitia, agar semuanya selaras dengan keharmonisan budaya,” kata Rahmadani.

Nantinya dalam rangkaian acara festival tersebut akan menampilkan sejumlah kesenian suku di Tabang, yang mayoritas beretnis dayak. Selain itu kata pria tersebut, penampilan dari sejumlah kesenian juga memiliki sejumlah tujuan. Antaranya untuk memperkenalkan kesenian setempat kepada wisatawan, sekaligus melestarikan sejumlah kesenian di kecamatan yang merupakan warisan budaya leluhur.

Sebagai lokasi festival Masyarakat Adat Budaya nanti akan bertempat di Desa Buluk Sen, Tabang ucap Rahmadani. Sementara persiapan terus dilakukan oleh pemerintah kecamatan katanya. Persiapan itu meliputi mempersiapkan alokasi pendanaan, lokasi acara, dan pembentukan panitia.

“Mudah-mudahan festival ini juga bisa di hadiri Bupati Kukar untuk membuka festival ini secara langsung,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)