Melihat Upaya Desa Saliki Sediakan Air Bersih untuk Warganya

Halokaltim – Pemerintah Desa (Pemdes) Saliki, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar) terus menjamin ketersediaan air bersih untuk warga desa. Satu sebagai caranya, dengan menyediakan bak penampungan air bersih di masing-masing kediaman warga desa.

“Program pengadaan tandon di setiap rumah ini sudah dijalankan selama dua tahun dan sekarang terus berlanjut,” kata Kepala Desa Saliki, Saliansyah, belum lama ini. Tercatat selama kurun waktu 2021-2022, pemerintah desa telah menyediakan 50 tandon penampungan air untuk warga.

Saliansyah pun memastikan di anggaran perubahan tahun ini, pihaknya bakal kembali melanjutkan program penyediaan penampungan air tersebut.

“Makanya di perubahan ini akan kita adakan lagi, biar tuntas tahun ini,” ungkapnya.

Sementara sebagai sarana penyediaan air bersih yang diterima warga desa, bersumber dari fasilitas penyulingan air yang baru di bangun tahun ini. Sarana filterisasi air tersebut berlokasi di lahan seluas 1.600 meter persegi milik desa. Sebagai sumber air bakunya, berasal dari sumur di wilayah desa.

Sedangkan pengelolaan penyediaan air bersih Desa Saliki dinaungi badan usaha milik desa (BUMDes) Mekar Sejati. Sementara pengelolaannya diawasi Pemkab Kukar secara berkala. “Saat ini urusan air bersih di Saliki sudah terpenuhi secara merata,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)