Wakil Bupati Kukar Miliki Sejumlah Pesan di Hari Sumpah Pemuda

Halokaltim – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin sebagai inspektur upacara pada hari peringatan Sumpah Pemuda Ke-95, saat berlangsung, Sabtu, 28 Oktober 2023. Dalam amanatnya, ia meminta agar pemuda-pemudi bergerak maju, ikut andil dalam pembangunan daerah.

Menurutnya hal tersebut, sesuai amanat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dalam peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini. Kemudian Rendi menjelaskan Pemkab Kukar berharap mampu bersama-sama menumbuhkan semangat juang gotong royong dan berkolaborasi antar seluruh lapisan masyarakat.

“Intinya kita ingin menumbuhkan semangat juang kolaborasi, gotong royong dari semua stakeholder dan lapisan masyarakat,” kata Rendi.

Kerjasama itu harus di bangun oleh generasi muda Kukar, ucap Rendi. Sebab itu ia menilai saat ini pemuda tak bisa lagi hanya bersantai, mengingat persaingan dalam arti positif, sudah di depan mata. Terutama dengan hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Harapan kami untuk pemuda-pemudi, tidak lagi gerak lambat, namun hari ini kita dituntut untuk gerak cepat untuk pembangunan Kukar,” tegasnya.

Lanjut Rendi menjelaskan, banyak variabel yang dapat menjadikan pemuda sebagai penopang pembangunan di Kukar. Salah satunya melalu semangat kolaborasi dengan ide dan gagasan, serta aksi nyata.

“Artinya di tahun 2024 mendatang IKN sudah pindah ke Kaltim, Kukar adalah mitra IKN dan sudah diprediksi ada jutaan penduduk yang masuk ke wilayah kita. Pendatang bukan generasi tua, tapi pemuda. Maka dari itu, pemuda kita harus semangat untuk unjuk gigi di wilayahnya sendiri.” Rendi mengakhiri. (*adv/diskominfokukar)