SMK 4 Paser Kekurangan Pengelola Perpustakaan

Halokaltim – Keterbatasan pustakawan di perpustakaan SMK Negeri 4 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, memerlukan perhatian dari instansi terkait. Keterbatasan kualitas sumber daya manusia pengelola perpustakaan ini diakui menjadi kendala untuk pengelolaan perpustakaan sekolah yang lebih baik sesuai dengan kaidah dan standar.

“SDM kami yang bertugas di perpustakaan ada yang masih lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas, Red.) saja, bahkan tidak memiliki latar belakang pustakawan. Sehingga memerlukan pelatihan,” ucap Staf Teknis Perpustakaan SMK Negeri 4 Tanah Grogot, Ahmad Said.

Dia mengusulkan, untuk meningkatkan minat untuk membangun dan mengelola perpustakaan sekolah, ada baiknya instansi terkait mengadakan lomba antar perpustakaan sekolah. Ahmad Said berharap, dengan adanya perlombaan khusus perpustakaan sekolah, akan dapat membangkitkan semangat dalam pengelolaan perpustakaan sekolah yang lebih baik. “Terutama, perpustakaan bisa semakin membaik dan literasi siswa semakin meningkat,” ujarnya.

Terlepas dari usul perlombaan perpustakaan sekolah, pelatihan bagi guru pengelola perpustakaan juga perlu terus ditingkatkan. Tidak saja SDM yang ditingkatkan tetapi juga fasilitas perpustakaan sekolah.

Misalnya saja, ujar Ahmad Said, harus ada petugas yang ramah, menyediakan ruangan yang sejuk, beberapa fasilitas penunjang seperti koneksi internet hingga fasilitas foto copy dan sebagainya.

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan agar kunjungan siswa ke perpustakaan terus meningkat. Sehingga perpustakaan sekolah yang tertata sesuai standar akan dapat memberikan kenyaman bagi siswa untuk berkunjung dan tentunya dapat meningkatkan literasi siswa” tukas Ahmad Said.