Kecamatan Anggana Rehab Makam Habib Tunggang Parangan

Halokaltim – Pemerintah Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara (Kukar) tengah melakukan pemugaran Komplek Makam Habib Hasyim bin Yahya atau dikenal dengan sebutan Habib Tunggang Parangan. Dalam proses perbaikan makam yang berlokasi di Desa Kutai Lama, Anggana itu, pihak kecamatan di biayai pihak swasta senilai Rp 1 miliar.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Camat Anggana Rendra Abadi menjelaskan, pemugaran makam ini bertujuan agar menjadikan Desa Kutai Lama sebagai wisata religi, budaya hingga wisata sejarah. Selain itu di terangkan pria tersebut setiap tahunnya makan tersebut juga di laporkan ramai kunjungan penziarah.

“Kutai Lama itu komplit, karena 3 item (Wisata religi, sejarah dan budaya) ada semua,” ungkap Rendra.

Selain itu, pemugaran ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam merawat makam Habib Tunggang Parangan. Termasuk agar memberikan rasa nyaman untuk masyarakat yang berkunjung.

Bahkan klaim camat tersebut, saat ini Komplek Makam Habib Tunggang Parangan, jauh lebih bagus. Serta dilengkapi dengan masjid hingga tempat parkir kendaraan yang lebih luas.

“Tentunya tempatnya makin bagus, orang berziarah juga makin nyaman dan enak,” ucapnya.

Sebagi informasi ia mengatakan, Makam Tunggang Parangan ini setiap harinya juga tidak sepi dari pengunjung yang datang untuk berziarah, baik itu di pagi hari, siang dan juga malam. Setiap bulannya di prediksi mencapai ribuan orang yang datang ke makam Habib Tunggang Parangan.

“Apalagi di hari-hari besar Islam itu pasti ramai, puncaknya itu waktu Haul Akbar, pasti lebih ramai,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)