Dispora Kukar Gelar Paskibraka Fest 2023

Halokaltim – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar menggelar kegiatan bertajuk “Paskibraka Fest” 2023. Acara ini adalah rangkaian kegiatan dalam acara memeriahkan hari sumpah pemuda yang diperingati pada 28 Oktober, tiap tahunnya.

Informasi itu disampaikan langsung Kepala Bidang Kewirausahaan dan Kepramukaan Dispora Kukar, Dery, pada Jumat, 27 Oktober 2023. Ia menjelaskan Festival Paskibra Fest terselenggara sebagai salah satu cara pemerintah untuk memperingati hari sumpah pemuda di daerah. Kegiatan itu pun bisa berjalan berkat dukungan sejumlah pihak. Antaranya dukungan pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kukar.

Pria itu kemudian menjelaskan Dispora dan PPI Kukar punya harapan dan tujuan dalam kegiatan tersebut. Menurutnya melalui event ini di harap mampu menjadi tempat untuk silaturahmi antar purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersama anggota Paskibraka di Kukar.

Dery selanjutnya menyebut, pihak panitia juga membuat kegiatan ini semakin meriah. Antaranya mempersiapkan sejumlah perlombaan. Di mulai perlombaan pengibaran bendera untuk Paskibraka tingkat sekolah menengah atas (SMA), ketangkasan hingga kesenian tradisional. Ditambah dengan kemeriahan kegiatan pameran.

“Jadi bukan hanya sebagai kegiatan untuk bersilaturahmi, namun digelar berbagai macam perlombaan,” ungkap Dery.

Sebagai informasi kata Kabid Kewirausahaan dan Kepemudaan itu, kegiatan Paskibraka Fest akan berlangsung sepekan, di mulai 23-29 Oktober 2023. Sementara untuk pertandingan Paskibraka akan berlangsung selama dua hari, di mulai tanggal 27 dan 28 Oktober. Sebagai pesertanya berasal dari siswa SMA dari 18 kecamatan di Kukar. Terkecuali Kecamatan Samboja Barat dan Kota Bangun Darat, yang belum bisa mengirim perwakilannya.

Sedangkan kegiatan pameran akan berlangsung di lapangan parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, ucapnya. Dan di ikuti puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menawarkan berbagai macam kuliner dan kerajinan tangannya. Sebagai pelaksananya yakni Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) dan komunitas lainnya di Kukar. Sementara untuk menyukseskan kegiatan itu, Dispora Kukar telah mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp 300 juta rupiah.

Laki-laki tersebut kemudian berjanji, kegiatan serupa akan digelar pihaknya pada tahun 2024 mendatang. “Insyallah kegiatan seperti ini akan di lakukan tahun depan,” akhirinya. (*advdiskominfokukar)