Kelurahan Maluhu Hampir Tuntas Realisasikan Program Rp 50 Per-RT

Halokaltim – Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, pada 2023 ini, tengah merealisasikan program Rp 50 juta bagi pembangunan berbasis rukun tetangga (RT). Diketahui ada 24 RT di Kelurahan Maluhu telah melaksanakan kegiatan melalui bantuan keuangan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara itu.

Bila tidak ada kendala seluruh realisasi program pembangunan berbasis RT sebesar Rp 50 juta di Kelurahan Maluhu, akan selesai pada November 2023 mendatang. Diketahui sejumlah kegiatan sudah digulirkan RT setempat. Antaranya peningkatan infrastuktur jalan, pembangunan pos kamling, pelatihan kewirausahaan hingga kegiatan gotong royong menjaga kebersihan RT.

“Dalam bulan ini atau paling lambat bulan depan seluruh program sudah terealisasi,” kata Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Pri tersebut memastikan proses implementasi program Rp 50 juta per-RT akan berjalan optimal. Sebagai jaminan katanya, sejak awal tahun 2033, penyusunan rencana kegiatan telah dilakukan seluruh Ketua RT. Selain itu untuk meminimalisir kesalahan administrasi untuk RT, pihaknya di dampingi tenaga ahli pendamping kelurahan. Tujuannya agar kegiatan tetap sasaran, dan sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah daerah.

Pria dengan sapaan akrab Joko itu kemudian mengungkap, dari total Rp 50 juta, sekitar 20 persen diperuntukan untuk kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat. Hal tersebut telah diimplementasikan oleh seluruh RT di Maluhu. Bahkan sudah dilaksanakan sejak Januari hingga sekarang.

“Aktivitasnya (kegiatan) sudah dimulai sejak bulan Januari lalu,” ucap pria dengan sapaan akrab Joko, itu.

Nantinya anggaran yang digunakan seluruh kelompok kerja (Pokja) RT wajib disampaikan kepada pemerintah daerah, berupa Surat Pertanggungjawaban (SPJ). Selain itu, lurah tersebut menegaskan, Kelurahan Maluhu telah melaksanakan sosialisasi tentang SPJ kepada seluruh Pokja RT. Dan, mereka sudah siap untuk menuntaskan administrasi tersebut.

“Untuk SPJ nanti RT dan akan di pandu oleh pihak kelurahan, dan didampingi tenaga ahli dari kabupaten,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)