Menara Tuah Himba Tenggarong Dipastikan Beroperasi Akhir Tahun Ini

Halokaltim – Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, sudah memiliki ikon baru. Yakni Landmark Menara Tuah Himba, pengganti patung naga yang pembangunannya mangkrak beberapa tahun yang lalu. Pembangunan fisiknya kini telah selesai dikerjakan. Bila tidak ada halangan pada Desember 2023 mendatang, menara berlokasi tepat di samping Jembatan Kartanegara itu segera di operasikan.

Kepada media ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Wiyono, mengatakan saat ini landmark tersebut telah rampung dikerjakan. Selain itu, pada akhir September 2023 lalu, Dinas PU Kukar telah melakukan serangkaian uji coba pengoperasian landmark tersebut.

“Kita juga sudah uji coba air mancur dan lampu tematik menara kemarin, bersama bupati,” jelasnya pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Pria tersebut menambahkan, proyek pembangunan yang memakan biaya Rp 14 miliar lebih itu, akan ditambahkan sejumlah sistem operasi dalam waktu dekat. Antaranya jaringan listrik berkapasitas besar, agar permainan lampu tematik dan air mancur tidak terganggu saat di operasikan. Selain itu ucap Wiyono pembangunan landmark tersebut diyakini akan mempercantik tampilan Kota Tenggarong.

“Target Bupati Kukar, Edi Damansyah, pada tahun baru ini Menara Tuah Himba akan di operasikan sepenuhnya,” akhiri Kadis PU itu. (*adv/diskominfokukar)