Dalam Rangka Memeriahkan HUT TNI, Balapan Ketinting Digelar Kodim 0906 Kukar

Halokaltim – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kodim 0906/KKR menggelar kejuaraan balap perahu ketinting. Diketahui perlombaan tersebut di ikuti lebih dari 100 pembalap asal 20 kecamatan di Kukar, termasuk sejumlah peserta dari kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim.

Open race ketinting itu berlangsung selama tiga hari, di mulai 20-22 Oktober 2023 di Sungai Mahakam. Tepatnya di kawasan Dermaga Pulau Kumala, Tenggarong. Hadir pada pembukaan balapan tersebut Dandim 0906 Kukar Letkol Inf Jeffry Satria, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar Aji Ali Husni.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto, membuka secara resmi balapan perahu tersebut. Menyampaikan sambutan mewakili Pemerintah Kukar, ia mengatakan kegiatan ini diharapkan membawa sejumlah manfaat.

Antaranya sebagai salah satu cara mempromosikan olahraga tradisional daerah dan meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kukar. Disamping itu melalui perlombaan tersebut juga di harapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui kunjungan wisatawan yang ingin menyaksikan perlombaan tersebut.

“Kita harapkan olahraga kreasi ini terus berkembang dengan baik, mengingat peminatnya banyak dan penontonnya selalu banyak,” ucapnya pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Kegiatan bertajuk ‘Open Race Ketinting Sport Mahakam Panglima Kodam (Pangdam) VI Cup 2023’ ini juga memiliki harapan lain, kata Dafip. Antaranya melestarikan olahraga kreasi yang merupakan tradisi atau budaya di masyarakat Kukar. Tentunya perlu dukungan oleh berbagai pihak agar budaya ini bisa dilestarikan dan dilaksanakan secara rutin.

Selain itu diharapkan lomba ketinting ini masuk dalam agenda pariwisata di Kabupaten Kukar. Karena selain memperkenalkan olahraga kreasi, juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) daerah.

“Pemkab Kukar kedepannya akan terus mendukung terselenggaranya kegiatan ini sebagai ajang untuk mempromosikan kearifan lokal,” tuturnya.

Dikonfirmasi setelahnya, Letkol (Inf) Jeffry Satria, Komandan Kodim 0906 Kukar mengatakan terselenggaranya kegiatan berkat dukungan sejumlah pihak. Antaranya yakni Pangdam VI/Mulawaman yang ingin memeriahkan HUT TNI ke-78 tahun 2023.

Dirinci Jeffry, kegiatan ini memperlombakan empat kategori kelas. Di mulai mesin kelas 500 CC dengan ring piston 94 kategori veteran, kemudian mesin 230 Piston 75 kategori Umum. Dan selanjutnya kelas mesin 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki, dan 500 CC Piston 94 kategori Umum 2 orang joki belakang.

“Kami berharap, olahraga tradisional ini kedepannya terus digelar bahkan lebih ditingkatkan dan meriah lagi. Sehingga bisa terus berkembang dan dilestarikan, dan tidak akan hilang tergerus oleh perkembangan zaman,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)