Cara Pemkab Kukar Mengendalikan Inflasi di Daerah

Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma (*/ist)

Halokaltim – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tengah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi tingginya angka inflasi di daerah. Salah satu cara di pilih yakni menggelar sejumlah kegiatan pasar murah di 128 titik pada 20 kecamatan berbeda di Kukar.

Diketahui untuk memuluskan program pasar murah Disperindag Kukar, bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) nasional. Direncanakan seluruh kegiatan pasar murah akan terus berlangsung hingga Desember 2023 mendatang.

Melalui Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma, mengatakan kegiatan pasar murah adalah upaya Pemkab Kukar untuk mengendalikan angka inflasi di daerah. Hal tersebut di nilai mampu menekan kenaikan harga bahan pokok yang di sebabkan oleh inflasi.

“Titik pasar murah yang kami sediakan menyasar daerah terjauh di kecamatan,” ungkapnya, pada Juma, 20 Oktober 2023.

Boma juga mencontohkan daerah yang coba mereka jangkau yang sulit diakses, salah satunya adalah Desa Jantur di Kecamatan Muara Muntai. Menurutnya desa tersebut di pilih karena memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, namun sulit diakses karena harus menggunakan transportasi air.

“Kami akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kukar untuk melaksanakan operasi pasar di sana (Desa Jantur), dengan mengangkut bahan pangan menggunakan transportasi air,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)