Pelaksanaan Peringatan Upacara Hari Pahlawan di Muara Kaman Mulai Disiapkan

Halokaltim – Pemerintah Kecamatan Muara Kaman menerima kunjungan Dinas Sosial (Dinsos) Kutai Kartanegara, pada Kamis, 19 Oktober 2023. Kunjungan tersebut dalam adalah pertemuan dalam persiapan upacara peringatan Hari Pahlawan di Muara Kaman yang segera dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023 mendatang.

Sebagai persiapan upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut terus dilakukan oleh pemerintah kecamatan. Bahkan, tim panitia untuk mendukung suksesnya kegiatan tersebut telah dibentuk.

“Jadi sudah ada pembentukan panitia dan sudah rapat berkali-kali. Nanti akan ada rapat lagi di kabupaten di Dinsos,” kata Camat Muara Kaman, Berliang.

Secara rinci ucap perempuan tersebut, pelaksanaan peringatan upacara Hari Pahlawan itu nantinya akan berlangsung di lapangan Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman. Terpilihnya Muara Kaman sebagai lokasi untuk memperingati Hari Pahlawan itu bukan tanpa alasan. Kecamatan ini memiliki putra daerah yang masuk dalam sejarah sebagai pahlawan kemerdekaan asal daerah.

“Karena di Muara Kaman itu ada pahlawan Muso bin Salim, kami sudah beberapa tahun melaksanakan (upacara peringatan hari pahlawan),” sebut Berliang.

Kemudian dikatakan Barliang, upacara peringatan Hari Pahlawan ini bukan yang pertama dilaksanakan di Muara Kaman. Ia menyebut upacara tersebut telah dilaksanakan selama dua tahun berturut-turut sejak 2021 dan 2022 lalu.

Dalam pelaksanaannya, peringatan Hari Pahlawan ini juga dirangkai dengan sejumlah kegiatan lainnya. Diantaranya, acara beseprah, lomba balap ketinting dan juga lomba masak yang pesertanya dari ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Kegiatannya kemungkinan selama seminggu. Untuk anggaran masih dibahas bersama Dinsos, ada juga bantuan anggaran dari kecamatan,” akhiri camat tersebut. (*adv/diskominfokukar)