Pemkab Kukar Gulirkan Program Kredit Kukar Idaman

Halokaltim – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melaunching Kredit Kukar Idaman bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui program ini pemerintah menyasar para petani, nelayan dan pembudidaya ikan, untuk menerima permodalan.

Kepada media ini Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyebut terealisasi program tersebut atas kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim. Selain itu pihak yang turut terlibat yakni Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kukar dan Bankaltimtara. Dan didukung langsung oleh Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Kaltim.

“Ini menjadi lanjutan program Pemkab Kukar. Yakni pemberian Kredit Kukar Idaman bagi UMKM yang terlebih dahulu diluncurkan pada 2021 silam,” ucap Edi Damansyah, Senin, 16 Oktober 2023.

Nantinya program Kredit Kukar Idaman akan menyasar sejumlah profesi usahawan, kata Edi. Antaranya petani, pembudidaya ikan dan nelayan daerah, sebab sektor pertanian dalam arti luas di Kukar cukuplah besar.

Edi pun berharap melalui program tersebut pemerintah mampu memberikan penguatan akses permodalan bagi petani, pembudidaya ikan dan nelayan bisa lebih mudah. Hal lain Kredit Kukar Idaman di harap sebagai pencegah petani dan pengusaha perikanan untuk meminjam uang dari rentenir.

Dalam program Kredit Kukar Idaman, para petani, pembudidaya ikan dan nelayan akan diberikan maksimal pinjaman sebesar Rp 50 juta, dengan bunga 0 persen. Dengan waktu kredit yang diberikan mencapai 36 bulan. Pembayarannya pun bisa diatur, yakni salah satunya dengan pembayaran kredit yang menggunakan pola setiap panen atau tiap produksi dengan batas waktu jatuh tempo yang sudah ditetapkan.

“Alokasi kredit ini dirancang oleh Pemkab Kukar dengan mengalokasikan penyertaan modal kepada Bankaltimtara, untuk dapat berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah di sektor riil,” akhiri Edi. (*adv/diskominfokukar)