Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong Realisasikan Sejumlah Program Untuk Warga

Halokaltim – Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), berencana melakukan normalisasi anak Sungai Mahakam yang mengalir di wilayah Mangkurawang. Hal tersebut adalah satu dari sejumlah program yang dipersiapkan pada APBD Perubahan (APBD-P) Kukar 2023. Selain itu perbaikan infrastruktur jalan kelurahan turut di prioritaskan.

Lurah Mangkurawang, Sufiansyah, menyebutkan ada berbagai macam program dan bantuan yang akan mereka realisasikan pada 2023 ini. Pertama yakni melakukan normalisasi sungai Mangkurawang. Menurutnya hal tersebut penting, sebab aliran sungai adalah salah satu sumber pengairan pertanian di sekitar kelurahan. Namun di satu sisi aliran air sungai mampu membawa masalah. Pasalnya jika hujan deras tiba air sungai meluap dan membanjiri pertanian warga.

“Mereka kebanjiran, kalau sungai dinormalisasi otomatis mereka dapat bersawah di atas,” kata Sufiansyah, pada Senin, 16 Oktober 2023.

Selain itu, peningkatan produktivitas kelompok petani dan nelayan juga tidak luput dari bantuan yang disalurkan oleh Kelurahan Mangkurawang. Yakni penyaluran bantuan tiga unit perahu ces dan enam unit mesin ketinting. Dimana ada 10 pembudidaya ikan keramba dan 3 kelompok nelayan.

Dirinya berharap pada tahun berikutnya, para nelayan, petani dan kelompok pembudidaya ikan bisa memperoleh bantuan lebih banyak lagi dari Pemkab Kukar. “Kelurahan Mangkurawang berterima kasih atas bantuan yang diberikan setiap tahunnya. Mudah-mudahan bantuan ini lebih besar dan lebih banyak lagi, kami mengharapkan begitu,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)