Program Terang Kampongku, Akan Menerangi Akses Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang

Halokaltim – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Desa Tanjung Batu mendapat kucuran bantuan melalui program Terang Kampongku. Yakni pengadaan lampu jalanan jenis solar cell yang memanfaatkan energi matahari. Dipergunakan untuk menerangi jalan desa yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang tersebut.

Dipastikan jalan yang melintasi 4 Rukun Tetangga di Desa Tanjung Batu akan terang. Dimana jalan yang akan diterangi merupakan desa menuju jalan poros di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Pengadaan lampu jalanan ini pun sudah diajukan sejak lama. Setidaknya selama 3 tahun terakhir ini. Selama ini, desa yang didalamnya terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) ini, tidak ada penerangan jalan raya pada malam hari. Padahal PLTGU Tanjung Batu menjadi pusat suplai tenaga listrik untuk Kukar, Samarinda dan Balikpapan.

“Harapan kedepannya agar Desa Tanjung Batu ini, yang menjadi produksi daya listrik mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk lampu jalanan ini,” ujar Kepala Desa (Kades) Tanjung Batu, Husniansyah.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Husni ini, mengatakan dari total 90 titik yang diajukan, diperkirakan baru terealisasi sekitar 15-20 titik lampu jalanan. Dari anggaran yang dikucurkan senilai Rp 191 juta. Ini pun dianggap sebagai langkah awal, dan berharap puluhan titik yang belum dianggarkan pada APBD Kukar 2023, bisa kembali direalisasikan pada tahun selanjutnya.

“Dengan dana anggaran yang diberikan belum memenuhi semua,” tutup Husni. (*adv/diskominfokukar)