Bupati Kukar Berdialog Bersama Nelayan Daerah

Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyerahkan bantuan berupa peralatan tangkap ikan pada nelayan daerah (*/ist)

Halokaltim – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah menyerahkan puluhan peralatan tangkap ikan, di Kecamatan Tenggarong. Selain itu bupati ini juga turut melakukan dialog bersama nelayan saat kegiatan berlangsung, pada Sabtu, 7 Oktober 2023, di Kelurahan Mangkurawang Tenggarong.

Salah satu nelayan asal Kelurahan Loa Tebu, Tenggarong, Abdul Wahab mengapresiasi kinerja Pemkab Kukar, saat ini. Ia menyebut sepanjang beberapa tahun belakangan, pemerintah telah gencar memberikan bantuan kepada nelayan. Namun sisi lain pihaknya pun berharap kepada pemerintah juga bisa melaksanakan pelatihan keterampilan. Salah satu contohnya seperti menerima pelatihan pembuatan perahu ketinting.

“Kami berharap anggota kelompok kami diberikan pelatihan membuat badan perahu ketinting. Tujuannya agar kami tidak perlu membeli lagi ditempat lain,” ucap pria tersebut.

Menanggapi permintaan tersebut, Bupati Edi menyambut baik permintaan pelatihan tersebut. Ia pun berjanji akan menginstruksikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar segera menggelar pelatihan pembuatan perahu ketinting tersebut. Sehingga para nelayan tidak hanya berprofesi sebagai penangkap ikan, namun memiliki keahlian lainnya.

“Jadi silahkan saja untuk anggota kelompok yang tertarik, bisa mengikuti pelatihan pembuatan perahu nantinya. Yang paling penting menjiwai,” kata Bupati Edi.

Dikonfirmasi setelahnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, Muslik mengatakan akan menindaklanjuti arahan Bupati Kukar, tersebut. Muslik pun berjanji dalam waktu dekat akan mempersiapkan pelatihan pembuatan perahu untuk nelayan asal Tenggarong. “Pelatihan ini juga kami yakini akan sangat berguna bagi mereka,” akhiri Muslik. (*adv/diskominfokukar)