Guru SLB Sangatta Kutai Timur Raih Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Kaltim

Guru SLB Negeri Sangatta Kutai Timur, Arum Puspitaningtyas mendapat penghargaan dari Disdikbud Kaltim (*/ist)

Halokaltim – Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sangatta Kutai Timur, Arum Puspitaningtyas mendapat juara 1 Guru Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Kategori Guru Jenjang SLB tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dalam rangka lomba pendidik dan tenaga kependidikan tingkat SMU/SMK dan SLB se-Kaltim.

Arum merasa bangga atas pencapaiannya lantaran ini kali pertamanya berkompetisi di tingkat provinsi.

“Alhamdulillah bersyukur sekali dan bangga baru ikut pertama kali dan bisa juara 1, sebelumnya waktu di Berau sempat ikut juga dan juara guru berprestasi tapi tingkat kabupaten,” ungkapnya, Jumat (25/8/2023).

Lanjutnya, saat ini ia masih aktif sebagai guru kelas SMPLB Tunarungu di SLB N Sangatta. Tidak jauh dari kesehariannya, Arum mengandalkan metode pengajarannya untuk ikut kegiatan lomba guru bepreastasi kategori SLB.

Ia menampilkan metode pembelajaran digitalisasi untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Ia mengaku terinspirasi dari kebiasaan penggunaan handphone oleh anak-anak sejak masa pandemi Covid-19 dalam melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Saya kemas belajar tersebut melalui quizizz sehingga anak-anak tidak merasa sedang belajar namun bermain sambil belajar,” jelasnya.

Selain itu ia juga memanfaatkan akun belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk akses aplikasi canva pro sebagai pembelajaran design dan grafis. Tantangannya, ia harus menggunakan bahasa isyarat dalam proses mengajar melalui sistem digital tersebut.

“Ketika asesmen lalu presentasi di hadapan para juri, mereka (juri) malah meminta untuk dipraktikkan, mereka (juri) sangat antusias dan malah jadi belajar isyarat,” terangnya.

Dengan pencapaian tersebut, ia akan terus termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi dan mengembangkan kemampuannya dalam mendidik.Selain itu ia berharap di Kutai Timur juga akan lahir guru-guru yang berprestasi seperti dirinya.

“Informasinya nanti saya akan mewakili Kaltim ke nasional, tetapi masih menunggu temanya apa dan juknisnya seperti apa, saya siap melanjutkan ke tahap nasional,” pungkasnya.