Sudah Ada Desain, Perencanaan Pembangunan Lapas di Kutim Dianggarkan di APBD Perubahan

Halokaltim  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) telah menganggarkan perencanaan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2023.

Sebelumnya, Pemkab Kutim telah diundang untuk berkunjung ke Lapas Kelas IIA Bontang sebab banyak narapidan yang berasal dari Kutai Timur.

“Insya Allah mulai tahun depan kita bangunkan rumah (Lapas) untuk mereka (narapidana) di Sangatta, membangunkan Lapasnya begitu,” ungkap Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, Rabu (23/8/2023).

Lanjutnya, ia telah mendapat surat dari Kanwil Kemenkum HAM Kaltim melalui Polres, Kejaksaan, Pengadilan Negeri agar Kutim segera membangun Lapas.Oleh sebab itu, ia menyiapkan lahan untuk pembangunan Lapas Kutim di Sangatta.

Katanya, desain pembangunan gedung Lapas Kutim sudah disediakan melalui Polres Kutim dan Lapas Bontang.

“Desainnya bagus sekali, indah sekali, mudah-mudahan (pembangunan) dimulai tahun depan,” imbuhnya.

Ia juga berharap dengan dibangunnya Lapas di Kutai Timur dapat meringankan beban Lapas Kelas IIA Bontang.

Untuk diketahui, di seluruh Provinsi Kalimantan Timur, hanya Kutai Timur, Kutai Barat dan Mahulu yang belum memiliki Lapas. Hal itu kemungkinan disebabkan ketiga wilayah tersebut dinilai masih baru.

Sebenarnya pada tahun 2010, pada saat Bupati Kutim masih dijabat oleh Isran Noor, Pemkab Kutim telah menyiapkan lahan namun saat itu masih belum sesuai dengan Kemenkum HAM.

“Nah sekarang mudah-mudahan kita mulai tahun depan, design sudah ada, mungkin perencanaannya barang kali kita siapkan nanti ada di perubahan anggaran,” tuturnya.