Juara 1 Lomba Asen Naga Pemkab Kutim, Bakal Diikutkan Seleksi Pra PON 2023

Lomba tradisional semarak HUT RI ke 78. (*/ist)

Halokaltim – Lomba tradisional atau rekreasi Asen Naga yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) juga bertujuan untuk menjaring atlet ikuti seleksi menuju Pra PON di Provinsi Kaltim.

Pemkab Kutim menggelar lomba tradisional atau lomba rekreasi untuk memperingati Kemerdekaan RI yang ke-78 di Halaman Kantor Bupati Kutai Timur selama 2 hari, tanggal 22 dan 23 Agustus 2023.

Salah satu cabang olahraga (cabor) tradisional Asen Naga alias gobaksodor dilakukan sejak tahun 2015 setiap momen Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

“Sejak tahun 2015 Asen Naga ini kami laksanakan, tahun ini ada 4 kategori dengan total regu yang berpartisipasi sebanyak 53 tim,” ungkap Koordinator Asen Naga HUT RI, Roni Paslah, Rabu (23/8/2023).

Lanjutnya, dari 4 kategori tersebut diantaranya kategoori umum putra sebanyak 15 tim, umum putri sebanyak 19 tim, pelajar putra sebanyak 8 tim dan pelajar putri sebanyak 11 tim.

Dari ke empat kategori akan diambil juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing kategori dengan hadiah yang berbeda-beda.

Ia mengaku hadiah yang dipersiapkan Rp 60 juta untuk 6 jenis lomba, sedangkan untuk lomba Asen Naga masih dalam pembahasan dan akan disesuaikan dengan juaranya.

Lebih jauh, Roni juga mengatakan Asen Naga dapat melatih kekuatan dan kelincahan dari pemain serta kekompakan dalam sebuah tim.

“Yang jelas Asen Naga juga bermakna untuk menghibur masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, ia juga berharap Asen Naga dapat menjadi cabor yang diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Sementara ini masih dalam pengusulan oleh KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia) agar bisa masuk dalam PON, kemungkinan yang juara 1 ini akan kami bina dan usulkan seleksi Pra PON juga,” terangnya.