Proyeksi APBD 2024 Tembus 8T Lebih, Wabup Minta OPD Siapkan Program Kerja

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang. (*/ist)

Halokaltim – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang meminta kepada setiap Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutim, untuk segera melaksanakan program-program kegiatan agar penyerapan anggaran murni tahun 2023 bisa segera terserap dengan maksimal. Hal itu disampaikan usai mengikuti sidang Paripurna di Ruang Sidang Utama DPRd Kutim, Selasa (15/08/2023) malam.

“Kita tidak memungkiri sampai hari ini, progres penyerapan anggaran murni kita masih sangat kecil. Mkanya saya minta mereka (PD) untuk kebut,” pinta orang nomor dua di Kutim ini.

Selain itu, dengan adanya nota kesepakatan bersama yang baru saja disahkan, yang ditandai dengan penandatangan antara Bupati Ardinasyah Sulaiman bersama unsur pimpinan DPRD Kutim, Tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas serta Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2023, juga menjadi tanggung jawab yang harus bisa diselesaikan oleh masing-masing PD di Lingkup Pemkab Kutim.

“Nah saya minta mereka (PD) tinggalkan sistem kerja atau pola kerja lama yang biasanya numpuk di akhir tahun baru di kerjakan. Tapi kerjakan mulai dari sekarang,” tegasnya.

Aprsesiasi juga disampaikan oleh Wabup Kasmidi Bulang, kepada DPRD yang sudah mendukung proses rencana program yang di tuangkan dalam APBD perubahan 2023, dibahas lebih awal. Sehingga memberikan waktu bagi pemerintah untuk dapat merealisasikan seluruh program pembangunan yang sudah dinanti sejak lama oleh masyarakat Kutim ini.

“Mereka (DPRD) juga memberikan ruang yang cukup bagi kita untuk membahas ini (anggaran perubahan). Sehingga kita punya waktu yang cukup panjang, termasuk untuk menyelesaikan program-program yang terarah, salah stunya multi years contrac,” pungkasnya.