RT 55 Singa Karta Gelar Lomba Mancing, Kasmidi : Jadikan Momentum Memupuk Rasa Nasionalisme

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang membuka resmi kegiatan Mancing Mania HUT RI ke 78 . (*/ist)

Halokaltim – Menyambut hari kemerdekaan RI ke-78, sejumlah Lomba 17 Agustus menjadi momen yang sudah sangat di nanti oleh masyarakat Indonesia. Hal yang sama juga di lakukan oleh warga Rukun Tetangga (RT) 55 di jalan Singa Karta Desa Sangatta Utara, yang menggelar lomba mancing ikan.

Tidak tanggung-tanggung, panitia menyiapkan sebanyak 1200 ikan lele atau setara dengan 150 kilogram yang bisa di perebutkan oleh ratusan peserta yang sejak pagi sudah memadati kanal yang di sulap menjadi arena lomba memancing. Kegiatan yang bertajuk Mancing Mania HUT RI ke 78 ini di buka secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang, pada Minggu (13/08/2023) siang.

Kesempatan itu, Kasmidi Bulang mengatakan, perayaan HUT RI ke 78 menjadi salah satu wujud membangun kebersamaan, meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa. “Karena dalam lomba-lomba yang di gelar setiap perayaan HUT RI pasti di perlukan kekompakan dan kerjasama antar peserta agar bisa menjadi pemenang, hal itu juga di lakukan oleh para pendahulu, namun bedanya mereka (pahlawan) berjuang untuk merebut kemerdekaan negara kita,” bebernya.

Pria kelahiran 1976 ini menyebut, seluruh komponen masyarakat memiliki tugas utama yang wajib di laksanakan yakni menjaga persatuan , ketentraman, dan tentunya keamanan yang menjadi cita-cita yang ingin di wujudkan oleh para pahlawan pendahulu kita.

“Dengan kegiatan seperti ini mari kita jadikan momentum untuk memupuk rasa nasionalisme kita terhadap negara ini (Indonesia), mewakili pemerintah saya mengapresiasi kepada masyarakat yang telah bahu membahu menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan kemerdekaan negara kita tercinta ini,” imbuhnya.

Sementara itu ketua panitia perlombaan, Sunardi mengatakan, lomba memancing yang baru pertama kali di gelar di wilayah RT 55 ini merupakan bagian dari beberapa lomba yang akan di gelar untuk menyambut HUT RI ke 78, khsusunya bagi warga di Jalan Singa Karta Desa Sangatta Utara.

“Pesertanya kurang lebih 120 orang yang sebagian besar merupakan warga yang bermukim di daerah sini (Jalan Singa Karta), selain hadiah dan doorprize, kami juga menyediaakan bonus tambahan berupa uang tunai bagi peserta yang mendapatkan ikan yang ada tanda pitanya,” ucapnya.