DPRD Kutim Imbau Penyediaan Ambulan Oleh Pemerintah di Daerah Pesisir Kutim

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kutim, Agusriansyah Ridwan. (*/ist)

Halokaltim – Wakil Ketua Komisi D DPRD Kutim Agusriansyah Ridwan meminta, pemerintah memerhatikan pelayanan terhadap warga di kawasan pedalaman dan pesisir. Misalnya, warga di Kecamatan Karangan dan Sandaran, yang jaraknya menuju RS Sangkulirang cukup jauh dengan medan yang sulit.

“Tentu perlu disediakan ambulans khusus, misalnya dobel gardan. Kan kondisi jalannya tidak memungkinkan jika hanya menggunakan kendaraan roda empat biasa,” katanya.

Meski memberikan apresiasi terhadap pengadaan ambulans, namun politikus PKS itu meminta agar pengadaan ambulans khusus dijadikan skala prioritas.

“Banyak desa yang meminta ambulans dobel gardan dan sampai sekarang belum direalisasikan,” ungkapnya.

Bahkan, ada pula armada yang masih kurang. Ini harus menjadi perhatian serius. Dia mengaku sudah menyampaikan kepada pemerintah. Apalagi, sudah masuk dalam pembahasan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) lalu.

“Semoga ini menjadi perhatian serius, tidak hanya memenuhi sarana dan prasarana gedungnya saja. Melainkan pelayanan kepada masyarakat melalui mobil ambulans harus ditingkatkan. Kalau tidak, biaya mahal akan tetap dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, pemerintah perlu memerhatikan kerja sama terhadap pelayanan obat di RS yang ada di kawasan pedalaman. Pasalnya, meski sudah menggunakan BPJS Kesehatan, namun masih banyak keluarga pasien yang harus membeli obat di luar RS.

“Berbeda kalau di kota, sudah bekerja sama dengan Kimia Farma,” paparnya.

Dia pun meminta agar RS semua level menerapkan hal yang serupa. Sehingga, pada saat masyarakat berobat, tidak perlu lagi keluar mencari obat yang sesuai resep dari dokter.

“Harus permudah segala urusan warga. Baik untuk mobil ambulans maupun ketersediaan obat yang sesuai resep dokter,” katanya.