Wabup Kutim Resmi Buka Kegiatan Local Market Sangatta 2023

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang membuka langsung kegiatan Local Market. (*/ist)

Halokaltim – Kegiatan Local Market di buka langsung oleh Wakil Bupati Kutai Timut Kasmidi Bulang, yang di gelar di Lapangan Heliped, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kamis (20/07/2023).

Sebanyak 80 tenant yang rata-rata bergerak di bidang jasa, kuliner dan komunitas lokal yang berada di seputaran wilayah Kutai Timur (Kutim) ikut meramaikan acara Local Market Sangatta 2023.

Turut dihadiri pada kegiatan pembukaan yaitu Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua DPRD Asti Mazar, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kutim penyampaian pada sambutannya bahwa asal mulanya Local Market ini di mulai pada Tahun 2019, berawal dari gagasan para pelaku usaha kedai kopi di Sangatta, yang pada waktu itu bertekad untuk mengembangkan usaha-usaha lokal yang ada di Kutim.

Kemudian, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang mengatakan, tujuan diadakannya local market tersebut, untuk memberikan kesempatan kepada para pemula agar bisa lebih terus mengembangkan usahanya.

“Jadi kita berikan kesempatan kepada para pemula, khsusunya yang berusaha dalam bidang apapun dan terutama anak-anak muda lokal dari Kutai Timur,” ucapnya.

Kasmidi berharap pelaku usaha lokal yang ada di Kutim, bisa bersaing di jenjang yang lebih tinggi lagi. Mungkin lewat provinsi bahkan internasional.

“Kita tidak membatasi itu kegiatan apapun yang penting bisa menghasilkan uang pada saat itu,” tuturnya.

Setelah pasca pandemi Covid-19 yang mengakibatkan vakum dalam setahun , kembali Pemerintah Kabupaten Kutim menggelar kegiatan Local Market, namun kini acara tersebut telah berkembang drastis, hingga bisa mendatangkan artis-artis nasional guna menarik para pengunjung untuk ikut meramaikan acara ini.

Lanjutnya, local market pertama kali digelar di Townhall Sangatta tahun 2019, acara tersebut sudah cukup meriah. Kegiatan ini terus berlanjut hingga pandemi covid-19 melanda.

“Tapi setelah itu, kita mulai lagi dan alhamdulillah malam hari ini kita ketemu lagi. Terimakasih banyak juga kepada para pengurus local market, dalam hal ini kita bentuk isinya anak-anak muda semua. Sehingga bisa mengkoordinir anak muda yang lain,” pungkasnya Kasmidi Bulang.