Kembangkan SDM Ekonomi Kreatif Melalui Sektor Pariwisata, Dispar Kutim Gelar Pelatihan Sub Sektor Kuliner

Kepala Dinas Pariwisata Kutai Timur, Nurullah. (*/ist)

Halokaltim – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), salah satunya melalui pelatihan Sub Sektor Kuliner 2023 garapan Dinas Pariwisata Kutim, yang akan digelar selama 3 hari di Hotel Royal Victoria Sangatta.

Dinas Pariwisata Kutim memang kerap menggelar event berupa berbagai pelatihan yang berhubungan dengan Pariwisata Ekonomi Kreatif, dan kali ini kembali mengadakan pelatihan disektor kuliner, yang dijadwalkan sejak Selasa (20/6/2023) kemarin, hingga Kamis (22/6/2023) esok.

Agenda itu dihadiri langsung Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah,sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan yang diikuti sebanyak 75 peserta para pelaku usaha dibidang kuliner dari sejumlah kecamatan di Kutim, yakni Sangkulirang, Kaubun, Kaliorang, dan Sangatta Utara, serta beberapa dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kutim.

Giat tersebut dibuat semakin menarik dengan menghadirkan narasumber yang tak asing lagi di kalangan kuliner Kutim, Chef Joko Utoro yang juga menjabat sebagai Chef Kepala di Hotel Royal Victoria Sangatta.

Chef Joko Utoro adalah Head Chef yang menjadi narasumber di pelatihan sektor kuliner. (*/ist)

“Kami Mengundang Bapak Ibu ini dalam rangka untuk mempersiapkan para pelaku usaha dibidang kuliner, khususnya di wilayah Kutai Timur, agar mampu menyesesuaikan dengan penyajian nasional,” ungkap Nurullah.

Dirinya berharap para peserta bisa menyerap ilmu yang di berikan oleh narasumber dan mampu diimplementasikan ke daerahnaya masing-masing, guna menghasilkan kuliner khas berkualitas, dan dapat menarik perhatian orang yang datang berkunjung ke Kutim.

“Sehingga kedepannya nanti para pelaku pelaku usaha kuliner ini mampu menghasilkan produk-produk olahan pangan berkualitas yang bisa dijadikan sebagai buah tangan oleh para pengunjung yang datang ke Kutai Timur,” harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu jajaran perangkat daerah terkait dari Dinas Pariwisata, ada Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Yunita Ronting, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dian Anggraeni, Kepala Bidang Pengembangan ekonomi Kreatif Ahkmad Rifani, SE. serta ADYTAMA Ahli Muda Pariwisata Zulfiah Afrida. (*)