Harga Sapi di Sangatta, Kutai Timur Mulai Rp 16 Juta, Kambing Mulai Rp 3 Juta

Salah satu jenis sapi yang ada di CV Berkah Etawa. (Andika/Halokaltim)

Halokaltim – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, banyak pedagang sapi dan kambing di Kutai Timur mulai menyiapkan kebutuhan masyarakat untuk berkurban.

Salah satunya, CV. Berkah Etawa yang berlokasi di Jalan Pinang Dalam, telah menyiapkan 150 ekor sapi dan 300 ekor kambing berbagai jenis dan harga.

Dikatakan oleh pemilik CV Berkah Etawa, Yudianto bahwa harga sapi tahun ini dengan tahun lalu selisih Rp 1,5 sampai 2 jutaan, lebih mahal tahun ini.

“Kalau harga kambing, tahun lalu dengan tahun ini selisih Rp 300 ribuan saja, tapi tetap mahal di tahun ini,” ucap Yudianto, Jumat (2/6/2023).

Berikut harga sapi berdasarkan jenisnya di CV Berkah Etawa:
1. Sapi Brahman Cross harga mulai dari Rp 30 Juta hingga Rp 50 Juta,
2. Sapi Bali harga mulai Rp 16 juta sampai Rp 21 jutaan,
3. Sapi Donggala harga mulai Rp 16 juta sampai Rp 21 jutaan,
4. Sapi Simmental harga mulai Rp 30 juta sampai dengan Rp 50 jutaan, dan
5. Sapi limousin mulai dari harga Rp 30 juta sampai dengan Rp 50 jutaan.

Dari kelima jenis sapi yang ia jual, kebanyakan masyarakat mencari sapi jenis Brahman Cross, Simmental dan Limousin.

Sedangkan hewan kurban kambing, ia mematok harga yang sama untuk 9 jenis kambing, diantaranya kambing domba, kambing Jawa/randu, kambing etawa, kambing cross boer, kambing kacang, kambing garut, kambing saanen, kambing sapera, dan kambing texel.

“Kalau kambing harganya sama kisaran Rp 3,5 juta sampai Rp 11 juta, paling banyak dicari yang harganya Rp 4,5 sampai 5 juta per ekor,” tuturnya.

Di tengah-tengah harga pakan yang dinilai naik, ia saat ini menggunakan pakan buatan sendiri, yaitu hasil fermentasi dari limbah perkebunan seperti rumput liar, batang jagung, kulit singkong, ampas tahu, dan bungkil atau ampas kelapa sawit.

“Setiap bulan memerlukan 150 drum biru untuk 100 ekor sapi dan 300 ekor kambing,” imbuhnya.

Sementara itu, penjual sapi dan kambing Wisma Embek Kemakmuran, Wid yang berlokasi di Kawasan Patung Burung, Jalan Poros Sangatta Bontang, juga mematok harga yang kurang lebih sama.

Dimana dirinya hanya menjual sapi Bali dengan harga mulai Rp 18 jutaan sampai Rp 60 juta dan kambing Jawa Randu atau Bligon mulai dari Rp 3 jutaan hingga Rp 16 jutaan.

“Kalau dibanding tahun lalu, tahun ini sapi lebih mahal selisih sekitar Rp 1 jutaan sedangkan kambing selisih lebih mahal Rp 500 ribuan,” pungkasnya. (*)