Meningkatkan Kolaborasi dan Saling Bersinergi Membangun Ekonomi Daerah

Pembukaan Pameran UMKM "Wonderful East Borneo" telah dibuka secara resmi dan disambut baik oleh masyarakat Samarinda. (*/estetika)

Halokaltim – Mercure & ibis Samarinda sekali lagi memberikan bukti nyata untuk mendukung pelaku UMKM Kalimantan Timur. Memenuhi komitmennya, Budi Wahjono, General Manager Hotel Mercure ibis Samarinda kembali menyambut dan memberikan fasilitas bagi pelaku usaha UMKM Kalimantan Timur dengan menyelenggarakan Pameran UMKM dengan mengusung tema “Wonderful East Borneo”.

Dibuka secara resmi oleh Dinas Pariwisata Kalimantan Timur, Bpk. Drs. Achmad Herwansyah M.Si, Wonderful East Borneo disambut baik oleh masyarakat Samarinda. Kurang lebih 50 UMKM binaan dari Dinas Perindagkop Kaltim dan Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda terlibat dalam kegiatan ini. Acara pameran yang diadakan selama 5 hari ini dipenuhi dengan agenda workshop yang dapat diikuti secara gratis dan bersifat edukatif khususnya bagi pelaku UMKM. Berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham Kalimantan Timur, Mercure ibis Samarinda mengadakan workshop Kepengurusan Kekayaan Intelektual (Merek Dagang, Hak Paten dan Desain Industri). Dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim, dalam sambutannya,Bpk Sofyan mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan kolaborasi seperti ini harus sering dilakukan dan semakin bersinergi dalam membangun ekonomi daerah.

Telah tercatat 150 UMKM melakukan registrasi untuk mengikuti rangkaian workshop di Wonderful East Borneo. Selain kepengurusan HAKI, tersedia workshop food photography dan food styling, serta workshop Instagram Ads Submission. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM dalam mempromosikan produk mereka di era digital saat ini. Pada hari terakhir, juga tersedia layanan sertifikasi halal gratis yang akan dilaksanakan oleh Halal Center Universitas Mulawarman.

Selain UMKM workshop, adapun kegiatan sosial yang diadakan dalam rangkaian kegiatan ini yaitu ‘Shop for Hope’, dimana Hotel Mercure ibis Samarinda menjual barang-barang bekas (pakaian, sepatu, dan aksesoris) yang 50% dari hasil penjualannya akan disumbangkan ke Yayasan Peduli Tunas Bangsa. Berkolaborasi dengan influencer kota tepian, Shop for Hope mengundang masyarakat untuk berbelanja sambil berdonasi untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. Rangkaian kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum di lobby ballroom Hotel Mercure yang dilaksanakan mulai dari tanggal 31 Mei hingga 4 Juni 2023 mendatang, (*)