Rakernis BPSDM se-Kaltim Digelar di Balikpapan

BALIKPAPAN – Mewakili Gubernur Kaltim, Pj Sekdaprov Kaltim Riza Indra Riadi membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Se-Kaltim yang dihelat di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (4/7/2022).

Riza Indra Riadi membacakan sambutan Gubernur Kaltim mengatakan, kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menuntut penyesuaian dan pengelolaan kepegawaian, khususnya pada peralihan jabatan struktural ke dalam fungsional, seperti termuat dalam Permen PANRB Nomor 29 Tahun 2019.

“Tujuannya yaitu peningkatan efektivitas pemerintahan dan percepatan pengambilan keputusan untuk meningkatkan pelayanan publik,” tutur Riza.

Penyerdehanaan birokrasi, menurutnya juga dimaksudkan untuk memangkas rangkaian hierarki pengambilan keputusan yang terlalu panjang sehingga menghambat proses pelayanan publik. Harapannya, tentu akan berdampak pada peningkatan kinerja birokrasi, termasuk upaya untuk membuat birokrasi menjadi lebih gesit dan dinamis.

Riza berharap melalui Rakernis BPSDM Se-Kaltim akan ada kerja sama yang baik dan terorganisasi antara BPSDM se-kabupaten/kota maupun pengelola kepegawaian  sehingga dapat mencapai tujuan.

“Terutama dapat menemukan formula yang tepat dalam mengakomodir kebijakan pusat terkait penyederhanaan birokrasi,” harap Riza.

Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi menjelaskan  rakernis dimaksudkan agar lebih  terjalin kerja sama yang lebih baik dan sinergis dalam penyelenggaraan kegiatan pengembangan kompetensi ASN yang meliputi pelatihan teknis dan tata cara pengembangan kompetensi.

“Selain itu juga untuk menghimpun dan mengintegrasikan persepsi terhadap visi misi dan permasalahan dalam membangun kompetensi ASN,” jelasnya.

Rakernis BPSDM Se-Kaltim bertema “Dengan Semangat Corporate University Kita Tingkatkan Kompetensi Aparatur Pascapenyederhanaan Birokrasi“ menghadirkan narasumber Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kaltim Iwan Setiawan, Tim Penjamin Mutu BPSDM Kaltim Prof Sarosa Hamongpranoto dan Abdul Samad. (gie/sul/adpimprov kaltim)