Dua Karyawan PT KRN Tewas Terjebak dalam Palka Kapal Saat Bekerja

Halokaltim – Selasa (26/4/2022) sekitar pukul 22.50 Wita, diterima informasi terhadap dua orang karyawan PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) yang tewas terjebak di dalam palka kapal China Express milik PT KRN.

Dikabarkan dua pekerja PT KRN, yakni Andriansyah (32) dan Fajar (23) masuk ke dalam palka kapal untuk mengambil pipa guna melakukan airasi. Namun keduanya tidak kunjung naik dan diduga pingsan karena adanya gas beracun di dalam palka tersebut.

Salah seorang pekerja lain yang mendapati kejadian tersebut langsung melaporkan ke Kantor SAR Balikpapan untuk meminta pertolongan.

Setelah menerima laporan, tim SAR langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

“Pukul 00.20 Wita Tim SAR berhasil tiba di LKP dan langsung melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan,” ujar Kasi Ops SAR Kaltim, Basri.

Baca juga Dua Wanita di Paser Terseret Arus ketika Seberangi Sungai Meluap

Tanpa menunggu lama Tim SAR menurunkan dua personelnya untuk masuk ke palka kapal mengevakuasi korban, dengan menggunakan metode sistem hauling.

“Tehnik hauling atau penarikan menggunakan tali karmantel, carabiner, pullay, jummer, dan croll sebagai alat untuk evakuasi,” terang Basri.

Sekitar satu jam sedari tiba di LKP, tepatnya pukul 01.24 Wita, Tim SAR Gabungan telah berhasil mengevakuasi korban atas nama Fajar dan Andriansyah selang 10 menit kemudian dalam keadaan meninggal dunia.

Baca juga Berbagi Nikmat Ramadan, Golkar Kutim Bagikan Takjil di 18 Kecamatan

Untuk proses selanjutnya jenazah korban dievakuasi ke RSUD Kandujoso Kota Balikpapan. Operasi SAR diusulkan untuk ditutup dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing, serta dilanjutkan dengan kesiapsiagaan.

“Kami dari pihak Basarnas, mewakili pimpinan mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim SAR gabungan. Demikian laporan dari saya selalu Kasi Operasi Provinsi Kalimantan Timur,” lapor Basri.

Unsur yang terlibat

  1. Rescuer Kansar Balikpapan
  2. Brimob Balikpapan
  3. Polsek Balikpapan Barat
  4. BPBD Kota Balikpapan
  5. Banda Indonesia
  6. Karyawan PT KRN

(*)

Penulis: Andika Putra Jaya