Kalahkan Tuan Rumah 5-3, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 

Timnas Indonesia menangkan semifinal Piala AFF 2020 atas Singapura dengan skor 4-2.

Halokaltim – Suasana National Stadion Singapura, Sabtu (25/12/2021), yang semula tegang lantaran skor imbang 1-1, seketika berubah jadi kegembiraan Timnas Singapura atas skor unggul 2-1.

Euforia itu berbalik arah, saat squad Garuda mengimbangi skor menjadi 2-2 pada detik-detik terakhir babak kedua semi final Piala AFF 2020 tersebut.

Skor imbang tersebut tidak sepenuhnya menyenangkan bagi Singapura, lantaran terkena dua kartu merah pada babak kedua. Indonesia yang memiliki jumlah pemain full 11 orang, seperti berada di atas angin.

Unggul jumlah pemain itu lantas dimanfaatkan Timnas Indonesia dengan baik. Pada babak pertama perpanjangan waktu, gol bunuh diri Shawal Anuar membuat Indonesia unggul 3-2, dilanjut satu gol dari Egy Vikri Maulana sehingga skor menjadi 4-2.

Kiper Singapura Hassan Sunny yang menerima kartu merah pada detik-detik terakhir babak kedua perpanjangan waktu, membuat Indonesia semakin kokoh. Skor kemenangan Squad Garuda 4-2 itu terus bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Indonesia maju ke final Piala AFF 2020, dengan skor agregat 5-3, dengan skor imbang 1-1 pada leg pertama. Skuad Merah Putih kini menunggu pemenang Thailand vs Vietnam, yang baru akan bermain Minggu (26/12/2021).

Final tersebut akan berlangsung dua leg, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, di National Stadium, Singapura. (*) 

Penulis : Raymond Chouda