Agus Aras Sosialisasikan Perda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Sangkima

Halokaltim.com – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Agus Aras kembali melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. Kegiatan berlangsung di RT 17, Dusun Airport, Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kutai Timur (Kutim), Minggu (08/08/2021).

Pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Kutai Timur ( Kutim), kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap menaati prosedur protokol kesehatan covid-19 secara ketat. Hal itu terlihat dari jumlah undangan dan jarak antar warga yang hadir, serta waktu pemaparan Sosper yang lebih singkat dari biasanya.

“Mengawali sambutan dalam rangka sosialisasi peraturan daerah nomor 1 tahun 2018, saya mengingatkan kembali kepada kita semua bahwa sampai pada hari ini kita masih dalam kondisi yang serba terbatas. Terkait covid-19 yang belum berakhir,” papar Agus Aras di awal sambutannya.

Lebih lanjut dia berpesan, warga yang hadir taat terhadap Prokes dan berharap terhindar dari penularan virus. “tentu saya berpesan kepada kita semua, selalu menjaga protokol Kesehatan sebagai anjuran pemerintah, sehingga kita terhindar dari wabah yang melanda daerah kita, mudah-mudahan di Dusun Airport ini tidak ada yang terpapar, saya do’akan,” ucapnya.

Adapun dalam hal Sosialisasi tersebut, hadir sebagai narasumber dari Dinas Sosial Kab.Kutim, Kabid Rehabilitasi Dr. Ernata memberikan pemaparan secara detail tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, serta tindak lanjut pemerintah dalam menunjang kebutuhan dan merealisasikan program disabilitas.

“Tentang hak penyandang disabilitas, kami selaku instansi teknis Dinas Sosial kabupaten Kutai Timur telah berusaha semampunya untuk melaksanakan itu semua, termasuk dari beberapa pasal yang menyatakan untuk memperdaya gunakan SDM daripada penyandang disabilitas yang ada di Kutim,” ungkap Ernata kepada halokaltim.com usai kegiatan. (*)

Penulis : Andika Putra Jaya